Mohon tunggu...
Indra Sugiarto
Indra Sugiarto Mohon Tunggu... Aku Calon Ayah Muda

Saya hobi nulis, baca buku,blogging dan programming. Saya nulis gak cuma di kompasiana aj tapi di wattpad, kaskus, profmoney.id, buatusaha.com dan banyak lagi deh

Selanjutnya

Tutup

Digital

Bagaimana Cara Cek Nomor Rekening Penipu Online?

22 September 2019   16:57 Diperbarui: 20 Agustus 2020   21:17 11540 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Cara Cek Nomor Rekening Penipu Online?
shutterstock via kompas.com

Kehidupan manusia memang tidak pernah terlepas dengan yang namanya internet. Banyak sekali kegiatan dipermudah dengan menggunakan internet termasuk juga dalam bidang bisnis, jual beli dan transaksi perbankan.

Tapi, tahukan sobat bahwa disebalik manfaatnya yang begitu terasa, banyak sekali oknum yang memanfaatkan kondisi ini untuk meraup keuntungan dan merugikan orang lain dengan cara menipu.

Contoh yang paling sering adalah transaksi jual beli online ketika pembeli sudah membayar, tiba-tiba penjualnya menghilang.

Dalam menanggapi hal tersebut, kita selaku pengguna internet yang bijak sebaiknya bisa melakukan antisipasi sebelum kejadian terburuk menimpa.

Salah satu caranya yaitu memeriksa nomor rekening penjual sebelum transfer.

Hal ini perlu dilakukan ketika kita tidak bertransaksi melalui situs marketplace yang menjamin keamanan dana. 

Ada beberapa situs yang menjadi rujukan saya untuk melihat apakah nomor rekening orang ini masuk dalam daftar nomor yang sudah terlapor atau belum.

Mudahnya saya langsung buat langkahnya ya :

Cek Rekening Penipu di CekRekening.ID

  1. Kunjungi situs cekrekening.id
  2. Tap 3 titik di pojok kanan lalu pilih Situs Desktop.
  3. Pilih bank yang digunakan lalu masukkan nomor rekening yang ingin di cari kemudian masukkan kode recaptcha.
  4. Jika sudah semua tap Periksa Rekening. Nanti akan muncul keterangan apakah rekening yang dicari bermasalah atau tidak.

CekRekening.id adalah Situs Resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang difungsikan sebagai portal untuk melakukan pengumpulan database rekening bank diduga terindikasi tindak pidana.            

Pengumpulan dapat dilakukan oleh siapa saja yang ingin berpartisipasi dan membantu sesama pengguna transaksi elektronik demi menciptakan lingkungan e-commerce yang sehat, aman, dan nyaman.            

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN