Mohon tunggu...
Indra Tirta
Indra Tirta Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Fesyen

Ibadah dan Estetika

12 Maret 2019   09:28 Diperbarui: 12 Maret 2019   09:28 0 0 0 Mohon Tunggu...

Ibadah merupakan kewajiban setiap umat agama apapun. Di dalam beribadah, selain memperhatikan kekhusyukan doa, beberapa orang juga memperhatikan estetika peralatan ibadah. Mulai dari hijab dengan warna yang beragam bentuk dan warnanya, sarung, kopiah yang kini ada jenis kopiah Turki, hingga sajadah dan sajadah anak yang berevolusi dengan ragam tokoh kartun dan warna yang menarik.

Selain berbagai perlengkapan ibadah, hal yang lumrah ditemukan di rumah seorang muslim adalah kaligrafi. Kaligrafi adalah karya seni visual yang berhubungan dengan tulisan. Kaligrafi untuk umat Islam beragam, mulai dari lafadz Allah dan nabi, hingga surat-surat dalam AlQuran. Selain berfungsi sebagai pajangan, hiasan kaligrafi juga dipercaya dapat menenangkan jiwa yang melihatnya, dan mendekatkan diri kepada sang khalik.

Bicara soal pakaian muslim, baik pria maupun wanita variasi bajunya semakin banyak. Untuk pria, baju koko banyak yang menyesuaikan dengan trend masa kini, misalnya saja terinspirasi film Black panther, ataupun klub sepakbola. Untuk wanita, variasi hijab didominasi dengan warna-warna cerah yang memanjakan mata. Celana gamis juga memiliki banyak variasi yang mengikuti trend perkembangan jaman

Karpet sajadah juga tidak lepas dari unsur estetika. Selain variasi motif yang diperhitungkan, sajadah juga diperhatikan bahan dasarnya. Misalnya saja sajadah Turki, yang diklaim lebih awet disbanding sajadah biasa. Selain karpet sajadah, ada juga parfum khusus untuk sajadah agar menjaga harum karpetnya.