Mohon tunggu...
Indra Parmono
Indra Parmono Mohon Tunggu... Wiraswasta - Suka Membaca semuanya

pribadi pemimpi keras

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Suplemen Vitamin Pendukung Perawatan Burung Kicau, Makin Berisik Makin Menarik!

21 Juni 2021   13:40 Diperbarui: 21 Juni 2021   14:36 411
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : foto burung peliharaanku

Bagi kebanyakan orang memelihara burung kicau merupakan sebuah hobi tersendiri. umunya banyak jenis burung kicau yang sering dipelihara oleh orang indonesia seperti Burung Murai Batu, Cucak Ijo, Kacer, love bird dan lain sebagainya.  Hal tersebut tidak hanya karena semata-mata untuk meramaikan suasana di tempat tinggal pemiliknya saja, mengoleksi burung kicau juga dapat dijadikan peluang bisnis. Apalagi jika burung kicau itu mampu bersuara dengan bagus dengan durasi yang panjang serta terlah memenangkan berbagai kompetisi burung kicau pasti akan banyak diminati orang dan harga jualnya bisa naik fantastis hingga ratusan juta rupiah. Namun untuk mempunyai burung kicau seperti itu tentunya diperlukan usaha yang tak mudah, dan tentunya hal yang paling berpengaruh adalah cara perawatan burung kicau itu sendiri, semakin baik perawatan burung yang dilakukan, maka akan semakin bagus juga suara burung kicau itu., dan tentunya akan berpengaruh terhadap harga jual burung kicau itu juga.

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menceritakan pengalaman saya tentang perawatan burung yang baik agar burung kicau bisa bersuara bagus dengan durasi yang panjang. Beberapa jenis burung kicau yang saya koleksi saat ini adalah lovebird, kenari, dan murai batu.

dan alhamdulilah ketiga koleksi burung kicau saya itu mampu bersuara bagus dengan durasi panjang dan tentunya sudah beberapa kali mendapat piala dan piagam penghargaan dari berbagai kompetisi yang telah saya ikuti. Bahkan kemarin sempat ada orang yang yang menawar burung kicau saya dengan harga hingga puluhan juta juta rupiah untuk setiap jenis koleksi burung yang saya miliki. Namun saya putuskan untuk tidak mengambil tawaran itu karena sudah sayang sekali dengan burung kicau peliharaan saya dan rasanya berat sekali untuk menjualnya, langsung saja berikut beberapa cara untuk perawatan burung kicau yang biasa saya lakukan, antara lain sebagai berikut :

1. Lakukan Pengembunan Burung

Sekitar pukul 5 pagi letakkan sangkar di batang pohon atau di depan rumah. Burung dapat menghirup udara segar yang belum terkontaminasi polusi sehingga pernapasannya lebih baik. Menurut saya, pengembunan ini penting karena mereka dapat merasakan suasana seperti di habitat aslinya.

2. Jemur Burung pada pagi hari

                Sekitar pukul 7 pagi, kamu bisa menggantung kandang burung di depan rumah. Biarkan burung terkena sinar matahari agar tubuh mereka hangat dan kaya akan vitamin D. Selain itu, sinar matahari pagi membantu menghilangkan jamur dan kuman-kuman yang ada di dalam sangkar dan tubuh mereka. Oh iya menjemurnya secukupnya saya ya jangan terlalu lama.

3. Memandikan Burung Secara Teratur

Burung memerlukan kesegaran pada tubuhnya. Biasanya waktu yang bagus untuk memandikan burung adalah pagi hari setelah proses penjemuran. Memandikan burung bertujuan agar burung bersih, dan bulu-bulunya mengilap.

4. Membersihkan kandang burung secara teratur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun