Dokter Bejo
Dokter Bejo

Dokter Bejo, sumber referensi menarik seputar kesehatan, gaya hidup sehat, produk kesehatan, jasa kesehatan, menjawab fakta mitos kesehatan. Jadilah konsumen produk kesehatan yang cerdas! Salam Dokter Bejo

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Obat Herbal, Alternatif untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

6 Juni 2018   19:26 Diperbarui: 6 Juni 2018   19:52 883 0 0
Obat Herbal, Alternatif untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
obat herbal - soman indonesia

Di era modern seperti sekarang, wabah penyakit bukan hanya satu atau dua jenis saja tapi banyak. Entah itu sakit jantung, kanker, ginjal, ataupun komplikasi. Penyakit tersebut biasanya akan menggerogoti daya tahan tubuh seseorang, sebelum akhirnya menjadi penyakit serius yang dapat berujung pada kematian.

Penyakit yang berhubungan dengan daya tahan tubuh biasanya diderita oleh anak-anak. Wajar saja karena imun anak-anak masih belum stabil. Sangkin belum stabilnya, kondisi cuaca yang tidak menentu saja bisa membuat anak-anak jatuh sakit. Tapi melemahnya daya tahan tubuh tidak hanya diderita oleh anak-anak saja, tapi juga orang dewasa yang sering kelelahan bekerja.

Banyak beristirahat dan minum air putih merupakan dua cara paling mudah untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh kuat biasanya lebih sulit terkena penyakit karena sistem imun di dalam tubuhnya sudah tinggi, sehingga penyakit pun enggan menggerogoti tubuh orang tersebut. Jangankan masuk ke dalam tubuh, mampir ke kulit saja tidak berani karena imun sudah lebih dulu memakan bibit bakteri yang mau masuk tadi.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan cara-cara paling sederhana tanpa menghabiskan banyak uang seperti cara berikut ini.

1. Tidur yang Cukup

Percaya atau tidak, tubuh yang terlalu capek akan otomatis menurunkan daya tahan tubuh. Jika dipaksakan bisa mendatangkan berbagai jenis penyakit, contohnya demam dan pusing. Setelah beraktivitas seharian, alangkah baiknya jika Mas dan Mbak Bro beristirahat sejenak untuk mengembalikan energi yang sudah hilang. Tidurlah setidaknya 7 -- 8 jam setiap hari. Dengan tidur yang cukup, hormon di dalam tubuh akan bekerja dengan baik sehingga penyakit tidak masuk menggerogoti tubuhmu.

2. Makan Makanan Bergizi Seimbang

Penyakit ini dan itu bisa timbul karena makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Hindari aneka makanan yang digoreng karena gorengan mengandung emak jahat yang tidak baik untuk tubuh. Selain memicu terjadinya kolesterol, makanan berlemak juga dapat menyebabkan obesitas dan darah tinggi, sehingga tidak disarankan kalau dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Ganti makanan berlemak dengan makanan yang lebih sehat dan bergizi, seperti sayur mayur, buah-buahan, kacang-kacangan (dalam jumlah normal), dan biji-bijian. Selain menyehatkan, makanan bergizi juga ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga daya tahan tubuh Anda lebih kuat.

3. Menjaga Kebersihan Makanan

Benda-benda yang ada di sekitar, entah itu pintu, gelas, piring, ataupun handphone, semuanya mengandung bakteri alias kuman penyakit. Apabila kuman tersebut masuk ke dalam tubuh, daya tahan tubuh pun otomatis dan mendatangkan banyak penyakit. Sebelum menyentuh makanan dan memasukkannya ke dalam mulut, alangkah baiknya jika Anda mencuci tangan terlebih dulu. Jaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi supaya vitamin yang ada di dalam makanan tersebut benar-benar menjadi vitamin, bukan malah menjadi kuman. Kalau perlu bawalah antiseptik kemana pun Anda pergi, jadi setiap kali mau makan Anda bisa mengoleskan antiseptik terlebih dahulu agar tangan lebih steril.

4. Berolahraga Secara Teratur

Sudahkah Anda berolahraga hari ini? Berolahraga ternyata dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan fungsi hormon, sehingga organ tubuh dapat bekerja lebih maksimal. Olahraga juga bagus untuk membakar lemak jahat yang ada dalam tubuh untuk menghindari penyakit kolesterol.

5. Rekreasi untuk Menenangkan Pikiran

Hidup bukan hanya untuk bekerja dan menghasilkan uang saja karena tubuh kita butuh dibahagiakan dengan cara rekreasi. Manfaatkan hari libur atau jatah cuti untuk pergi traveling ke tempat yang Anda inginkan. Rekreasi tidak hanya bagus untuk kesehatan jasmani, tapi juga bagus untuk kesehatan rohani. Karena pikiran, perasaan, dan mood akan membaik secara perlahan seusai traveling.

6. Minum Air Putih yang Cukup

Imbangi asupan gizi dari makanan dengan minum air putih yang cukup karena air putih sangat bagus untuk memecah sisa makanan, sehingga metabolisme dalam tubuh pun menjadi lebih lancar. Selain itu, air putih juga bagus untuk melarutkan racun-racun dalam tubuh. Alhasil tubuh pun menjadi lebih sehat, daya tahan tubuh kuat dan pastinya terhindar dari berbagai jenis penyakit. Konsumsi air putih setidaknya 8 gelas setiap hari untuk memenuhi asupan air dalam tubuhmu.

7. Obat Herbal

Sebagai alternatif, Anda bisa mengonsumsi obat herbal sebagai penambah daya tahan tubuh. Obat herbal ini bisa didapatkan di apotik dan dikonsumsi sesuai takaran yang dibutuhkan oleh tubuh. Baik pria maupun wanita, keduanya membutuhkan takaran yang berbeda. Misalnya, untuk vitamin C saja, takaran vitamin C yang dibutuhkan pria sebesar 90 mg, maka takaran Vitamin C yang dibutuhkan wanita sebesar 75 mg setiap hari. Jika Anda tidak suka vitamin C yang diolah dalam bentuk kapsul atau obat multivitamin, Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dari buah-buahan, seperti jeruk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2