Mohon tunggu...
Ukhti Salihat
Ukhti Salihat Mohon Tunggu... -

pendukung #IndonesiaHebat, antikorupsi, benci anarkisme dan kekerasan, penyuka Pramoedya dan Gie.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Tips Menyikapi Orang Lain

14 Agustus 2014   21:42 Diperbarui: 18 Juni 2015   03:32 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Al-Khalil bin Ahmad al-Farahidi (w. 170 H) berkata, "Hari-hariku ada 4 macam:


1. Hari dimana aku bertemu orang yang lebih tahu dariku, maka aku pun belajar darinya. Itu adalah hari faedah dan ghanimahku.
2. Hari dimana aku bertemu orang yang aku lebih tahu daripada dia, maka aku pun mengajarinya. Itu adalah hari aku mengharapkan pahala.
3. Hari dimana aku bertemu dengan orang yang sepertiku. Maka aku pun bertukar pikiran dengannya. Itu adalah hari pembelajaranku.
4. Hari dimana aku bertemu orang yang aku lebih tahu daripada dia, tapi dia merasa lebih tahu daripada aku. maka aku pun diam saja dan menjadikan itu sebagai hari rehatku."

(Ibnu Abdil Bar, Jami' Bayan al-'Ilmi wa Fadhlih)

Pada dasarnya, kita harus terus merasa tidak tahu dan haus ilmu, agar tidak terbersit rasa sombong dalam hati. Tapi aura "dia lebih tahu dariku" atau "aku lebih tahu darinya" itu memang ada, tentu setelah beberapa kali kita menyimak pengajiannya atau pernah terlibat diskusi dengannya.

Dan sekali lagi, aura tersebut tidak boleh menjadi sumber keminderan atau kesombongan. Karena kita selalu dapat mengambil ilmu dan manfaat dari setiap orang.

‪#‎semoga‬ kita dijauhkan dari sifat minder dan sombong


Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun