Mohon tunggu...
Indira Maharani
Indira Maharani Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis Buku, Konsultan SDM, Pelatih dan Pembelajar yang ingin berbagi pengalaman serta hal yang menarik seputar organisasi dan budaya

www.culture-energy.com @culture_energy https://www.linkedin.com/in/indira-m-90959b111/

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Menaikkan Kapabilitas Organisasi di Tahun 2022

7 Desember 2021   10:53 Diperbarui: 7 Desember 2021   13:54 37 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tinggal beberapa hari 2021 akan diakhiri beberapa rancangan strategis organisasi anda mungkin sudah banyak yang bergeser ditengah perjalanan melalui masa pandemi diakhir tahun. diakhiri dengan harapan yang cukup positif bahwa segala sisi ekosistem akan terus berupaya membaik dalam situasi yang penuh optimisme. 

Mulai bergerak dalam menentukan langkah jangan sampai teringgal jauh lagi, karena pandemi mungkin gelombangnya akan usai tapi karya innovasi dan kreatif terus bergulir tanpa henti. saat ini apakah hal yang terbaik yang mampu anda rumuskan bagi organisasi anda untuk selalu meningkatkan kapabilitas organisasi, memikirkan peluang jangka pendek dan jangka panjang agar selalu memastikan organisasi bertumbuh setiap saat.

Tentukan Stategy bisnis seperti yang saya ceritakan di artikel sebelumnya dengan diagram beserta Strategy Budaya yang juga turut anda perlu bangun. Visi, Misi, Core Value yang anda perlu re-visit lagi untuk selalu memperkuat Big WHY kenapa anda perlu menjalankan bisnis dan organisasi ini secara sustainable. Eksistensi organisasi anda terhadap dampak bagi ekosistem sekitar anda Stakeholder, Customer, Employee. 

Merancang bangun sendi perspektif bisnis anda dalam Balance Score Card Financial, Customer, Business Process, Learning & Growth Melakukan revisit dan evaluasi dari perjalanan tahun sebelumnya apakah sebenarnya Strength dan Weaknessess yang kian dapat anda analisa sebagai faktor kinerja yang perlu anda evaluasi dari waktu ke waktu.

Leadership Inisiatif, lahirkan inisiatif baru yang dapat anda susun dari keseluruhan persepektif yang ingin anda bangun tersebut. Inisiatif ini diperlukan untuk memastikan bahwa anda kian mendukung tahapan pengembangan yang ingin anda susun bersama dengan tim anda. anda perlu juga membagikan ide inisiatif ini ke dalam tim yang menjadi pendorong dan penggerak perubahan yang ada. lahirkan inisiatif - inisiatif baru yang dapat anda peroleh dari tim anda memastikan semua proses yang ada dalam karya innovasi dapat berkembang di semua lini organisasi.

Lahirkan Pemimpin Baru, Melahirkan pemimpin baru setiap saat juga dianggap sebagai satu hal yang perlu anda Highlight dalam tatanan pengembangan organisasi. dalam situasi yang dinamis kemampuan leaders dalam melakukan pengembangan diri bawahan harus tetap dilakukan setiap saat setiap waktu. 

pandemi berakhir, bisnis harus berjalan perlu menjadikan setiap insan di organisasi sebagai asset yang berharga untuk ditumbuhkembangkan adalah hal yang mutlak. gelombang perubahan tak akan berhenti, leaders yang ada di organisasi akan selalu mendapat tantangan baru. maka sejauh mana organisasi anda adaptif menyambut perubahan ini, dan bagaimana melahirkan pemimpin yang juga kian adaptive terhadap situasi perubahan dan tantangan yang selalu Hands-on bersiap untuk bertumbuh bersama perusahaan mereka tanpa nanti.

Memastikan ada dalam pandangan anda siapapun diri anda, bahwa anda adalah pemimpin untuk diri anda sendiri paling tidak hal yang perlu ditanyakan adalah "Apa hal terbaik pencapaian saya tahun ini?" jika saya berkesempatan di waktu berikutnya apa yang ingin saya lakukan agar semua pihak merasa keberadaan saya membawa makna bagi sekitar saya. Menaikkan kapabilitas organisasi selalu dimulai dari menaikkan kapabilitas diri individunya. 

Dan yang terpenting adalah memastikan eksekusi berjalan dengan coaching dan mentoring yang tepat di organisasi agar Learning Organization dapat berjalan lebih baik setiap saat. Mereka ada untuk merasa berdaya, dan anda ada untuk lebih memberdayakan mereka.

Terimakasih telah berpartisipasi mampir di tulisan saya, menyambut 2022 dengan Harapan itu penting, Ikhtiar juga tak kalah pentingnya namun Doa kebaikan adalah hal yang paling penting agar Negara nusa bangsa selalu dikaruniakan kebaikan Tuhan. Karena tanpa kebaikanNya kita bukanlah siapa - siapa.

www.culture-energy.com

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan