Mohon tunggu...
Indigirka Agung Wulandari
Indigirka Agung Wulandari Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia

Tujuan karier pengajar BIPA, penulis novel, dosen atau guru, editor naskah

Selanjutnya

Tutup

Digital

Javanese Digital Comic, Era Baru Pembelajaran Bahasa Jawa

18 September 2021   07:44 Diperbarui: 18 September 2021   08:39 172 2 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Javanese Digital Comic, Era Baru Pembelajaran Bahasa Jawa
komik-bahasa-jawa-61453eb4010190028532d663.jpg

Javanese Digital Comic atau yang disingkat menjadi JDC ini merupakan sebuah aplikasi yang menampilkan komik berbahasa Jawa sebagai cara baru dalam pembelajaran bahasa Jawa. Dibuat oleh beberapa mahasiswa yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Malang. Di antara nama-nama mahasiswa tersebut adalah Reny Faizatul Maulidah selaku ketua tim dan pencetus ide, Indigirka Agung Wulandari, Mei Dwi Ariyanti, Tri Intan Damayanti, dan Varel Ahmad Fadillah.

Aplikasi Javanese Digital Comic ini bertujuan untuk membuat para anak SMP di Kota Malang, belajar unggah-ungguh basa Jawa dengan menyenangkan. Aplikasi ini telah diujicobakan pada siswa SMP Negeri 11 Kota Malang kelas VIII. Aplikasi yang dikembangkan selama lebih dari 3 bulan sejak Juni 2021 ini, diimplementasikan pada Kegiatan Belajar Mengajar muatan lokal bahasa Jawa.

Selama masa pandemi, tentu masyarakat mengetahui tidak banyak sekolah yang membuka kegiatan belajar tatap muka di kelas. Akhirnya seluruh mata pelajaran sekolah beralih menjadi pembelajaran daring, tak terkecuali pelajaran bahasa Jawa. Oleh karenanya, aplikasi JDC bisa menjadi alternatif untuk belajar online bahasa Jawa dari rumah, tanpa banyak menghabiskan kuota aplikasi video conference seperti Zoom dan Google Meet.

Cara login aplikasi Javanese Digital Comic sebelum memiliki akun yaitu tekan ‘daftar’, isikan biodata seperti nama lengkap, e-mail, password, lalu ulangi password, kemudian klik ‘daftar’. Halaman akan berpindah ke menu dashboard. Jika sudah memiliki akun, bisa langsung mengisi e-mail dan password, klik tombol ‘masuk’, maka halaman akan berpindah ke menu dashboard.

Berdasarkan uji coba aplikasi memakai Pre-test dan Post-test, terjadi peningkatan secara signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi Javanese Digital Comic. Rata-rata nilai Pre-test kelas VIII C dan VIII B SMPN 11 Malang adalah 64,40 dan nilai rata-rata Post-test kelas VIII C dan VIII B adalah 90,47. Sampel data yang diambil berasal dari 42 siswa.

Aplikasi Javanese Digital Comic dipastikan merupakan media pembelajaran yang efektif, karena memiliki fitur kamus bahasa Jawa-bahasa Indonesia yang dapat diandalkan, materi pembelajaran sesuai Kompetensi Dasar bahasa Jawa tingkat SMP, dan terpercaya dengan usebility-test serta memiliki validasi materi dan validasi media dari ahli.

kamus-bahasa-jawa-bahasa-indonesia-61453ee606310e77fe3ecee4.jpg
kamus-bahasa-jawa-bahasa-indonesia-61453ee606310e77fe3ecee4.jpg
 

Penulis : Indigirka Agung Wulandari                                

Editor    : Indigirka Agung Wulandari

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan