Indira Revi
Indira Revi

Simple Life...Simple Thought...

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Pesona Danau Ranau

11 Februari 2018   23:53 Diperbarui: 12 Februari 2018   00:02 652 2 1
Pesona Danau Ranau
Danau Ranau dengan latar G Seminung/dokpri

Pesona Danau Ranau

Ini masih kisah perjalanan dan petualangan ku selama di Lampung. Rasa penasaran ku tuntas setelah akhirnya dapat merendam kaki dan mencapai danau ranau yang berada di perbatasan Sumatera Selatan dan Lampung.

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba yang sudah populer hingga mancanegara.

Salahsatu Gapura di Prov. Lampung/dokpri
Salahsatu Gapura di Prov. Lampung/dokpri

Perjalanan darat untuk mencapai Danau Ranau memerlukan perjuangan yang tidak ringan. Jalan buruk dan tebing yang rawan longsor! Jika berangkat dari kota Palembang memerlukan perjalanan sekitar 8 jam, begitu pula jika berangkat dari kota Bandar Lampung memerlukan waktu sekitar 6 jam. 

Danau dengan luas permukaan sekitar 125 km2 berada diantara kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumsel dan kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung.

Pesona danau dengan latar belakang Gunung Seminung masih bersuasana sejuk dan alami, apalagi ada keunikan Pulau Marisa dan pemandian air panas di tengah danau.

Disekitar danau cukup banyak warga yang beraktifitas memancing dan menjala ikan dengan perahu kecil untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Kesan ku terhadap potensi Danau Ranau ini masih kurang mendapat perhatian pemerintah pusat maupun daerah. Padahal untuk berkembang dengan baik agar menjadi daerah tujuan wisata favorit, seperti wisata alam dan bahari, selayaknya kawasan ini di dukung sarana dan prasarana yang memadai, seperti penginapan, transportasi, kuliner, kenyamanan dan keamanan.

Sekilas catatan perjalanan. Tulisannya singkat aja yaaa.. soale kompasiana masih sepiii...

Salam 00:00.

*dokpri