Mohon tunggu...
Indah Novita Dewi
Indah Novita Dewi Mohon Tunggu... Penulis - Hobi menulis dan membaca.

PNS dan Penulis

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Disebut Budak Portal, Saya Pun Meringis

28 Januari 2022   22:29 Diperbarui: 28 Januari 2022   22:39 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Disebut Budak Portal, Saya Pun Meringis (Sumber: pexels/energepic.com)

Menulis di sebuah portal online, tidak pernah terbayangkan sebelumnya oleh saya. Tapi setelah menjalaninya, rasanya campur-campur. Antara bersemangat, kadang ogah-ogahan, kadang penasaran, kadang gemas tak keruan.

Perjalanan hobi menulis saya, sangat berliku dan penuh tantangan. Itu semua berawal dari rasa penasaran tiap mendapat celens (challenge) menulis sesuatu yang baru di kelas menulis yang pernah saya ikuti. Dan setelah saya pikir-pikir, tak lepas dari pengaruh guru nulis saya waktu itu, mbak Nurhayati Pujiastuti.

Dulu dalam kelas-kelas nulisnya, beliau selalu mendorong kami para siswanya untuk mencoba genre baru. Cerpen majalah Bobo, cerpen majalah Gadis, cerpen Femina, cerpen koran, semua disuruh coba. Tiap ada rubrik atau artikel yang menerima naskah dari luar dan memberikan  honor, mbak Nur selalu mendorong kami untuk mencoba mengirimkan naskah.

Secara tidak langsung, mbak Nur mendidik kami untuk menjadi penulis multigenre seperti dirinya. Pada akhirnya tidak semua siswa bisa berhasil, namun kami berkembang dengan kekhasan masing-masing.

Didikan untuk bisa menulis multigenre itu menjadi pegangan saya, ketika menerima tawaran kakak ipar untuk menulis di sebuah portal online. Tak tanggung-tanggung, saya menjalani prosedur untuk secara resmi menjadi conten creator (cc) sebuah portal wisata.

Menulis artikel wisata berbekal laptop dan jaringan internet, tanpa harus traveling kemana-mana. Itulah kerjaan saya kemudian. Saya menulis kembali deskripsi lokasi-lokasi wisata, saya membahas resep masakan khas suatu daerah, bahkan membagikan tips-tips tentang berbagai hal. Tentu saya kerjakan di sela-sela pekerjaan utama saya sebagai ASN.

Bisa? Serius bisa?

Y ... yya ... bisa. Tapi tidak bisa maksimal. Ada kalanya saya harus bolong-bolong. Kadang nyetor kadang enggak. Tergantung kesibukan kantor.

Masalahnya portal di mana saya menjadi cc adalah portal baru yang harus menggenjot perolehan page view (pv)/berapa kali dibaca orang. Ada target yang harus dipenuhi. Untuk memenuhi target tersebut, cc harus menulis 10 artikel setiap harinya.

Apppaaaa? 10???

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun