Mohon tunggu...
Gaya Hidup

Ternyata Kunyit dapat Membantu Putihkan Gigi dan Mencegah Jerawat

13 Juli 2016   15:55 Diperbarui: 13 Juli 2016   16:03 42 0 0 Mohon Tunggu...

Halo Kompasianer.

Sebelumnya, apakah diantara kalian memiliki keluhan dengan warna gigi yang kurang putih dan cenderung kuning? Jika memang ada, dan kamu orangnya sangat penakut untuk ke dokter gigi atau tidak memiliki waktu untuk sekedar membersihkannya di klinik gigi. Kamu bisa mendapatkan kembali gigimu yang kembali bersih dengan menggunakan bahan yang ada di rumah kamu sendiri.

Apa itu? 

Kunyit. Ya, manfaatkan saja kunyit yang ada di dapur rumah kamu. Masih bingung? Kenapa kunyit?

Perlu kamu ketahui, kenapa kunyit? Alasannya adalah kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang berwarna kekuningan dan memiliki tekstur sedikit kasar. Tidak perlu khawatir menggosokkan kunyit ke gigi kamu dan gigimu akan ikut jadi kuning seperti warna kunyit, karena setelahnya kamu tetap bisa mencuci gigi kamu dengan air dan mendapatkan gigi putihmu yang bersinar. Loh kok bisa? Ya, karena tekstur kasar yang ada pada kunyit tersebut bisa membantu dalam melenyapkan plak dan noda yang menempel di dinding gigi sekaligus mampu putihkan gigi. 

Hebatnya lagi nih, kunyit juga mengandung sifat anti-bakteri dan anti-peradangan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mulut kamu bukan. Tapi, kamu perlu juga berhati-hati saat menggosokkan kunyit di gigi kamu karena mulut kamu nantinya bisa terasa pedas. 

Nah loh jadinya takut mau nyobain kunyit.. 

Oke gak apa-apa, jadi buat kamu yang gak bisa tahan sama rasa pedas di dalam mulut,, kamu bisa mengganti bahan yaitu kulit pisang bagian dalam untuk membantu kamu memutihkan gigi. Caranya sama, hanya tinggal menggosokkannya saja ke dalam dinding gigi-gigi kamu.

Tapi, buat kamu yang masih bingung bagaimana cara mengolah kunyitnya biar enak untuk dioleskan ke gigi kamu, saya akan menjelaskan caranya. Jadi pertama-tama kamu perlu menyiapkan satu sendok makan minyak kelapa dan tidak lupa satu sendoh teh kunyit bubuk. Campurkan minyak kelapa dengan bubuk kunyit ke dalam mangkuk. Aduk merata dan sikat gigi kamu dengan menggunakan campuran minyak kelapa dengan kunyit tersebut, anggap aja campuran tersebut seperti pasta gigi.

Setelah kamu menggosok gigi dengan menggunakan campuran tersebut, seterusnya diamkan selama beberapa saat, setelah itu barulah berkumur menggunakan air bersih. Dalam kondisi tersebut, gigi kamu akan berubah menjadi kuning, namun jangan khawatir karena itu hanya bersifat sementara. Bukankah saat menginginkan hasil yang baik dibutuhkan juga proses kan? Nah, langkah selanjutnya, kamu bisa menyikat gigi kamu dengan pasta gigi biasa kamu gunakan.

Selain itu, seperti yang dikutip dari Okezone, ternyata kunyit tidak hanya dapat membantu putihkan gigi, kunyit juga bisa membantu mencegah jerawat loh. Kunyit mampu mengurangi bintik hitam sekaligus ampuh dalam mencegah jerawat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x