Mohon tunggu...
Wisata

Pantai Laguna

10 Oktober 2017   11:56 Diperbarui: 10 Oktober 2017   12:36 2386 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pantai Laguna
Dok.pribadi

Pantai Laguna

Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan keindahan alamnya. Terlebih lagi karena Indonesia memiliki julukan negara maritim yang mana 2/3 wilayah Indonesia sendiri adalah lautan. Well, as an Indonesian girl sudah sepantasnyalah kita untuk mengetahui apa-apa saja kekayaan alam yang dimiliki oleh negara kita sendiri dan tak lupa pula bagaimana cara mengolahnya. Dan sebagai anak dara bugis yang lahir dan tumbuh di daerah bugis ini, tentunya ini merupakan salah satu hal yang wajar dengan memperkenalkan sebuah kekayaan alam yang ada di daerah tersendiri.

Baiklah, seperti pada judul yang tertera di atas, "Laguna Plage" atau yang biasa disebut dengan Pantai Laguna. Sebuah pantai yang berlokasi di Pucue, Desa Pao-Pao, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Sebuah kesyukuran yang turut dipersembahkan kepada Yang Mahakuasa, alhamdulillah pada kesempatan hari kemarin saya beserta rekan saya dapat mengunjungi salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Barru ini.

Walau cuaca yang kurang bersahabat akan tetapi selama suasana dan keindahan alam tetap dinikmati itu tidak akan menjadi masalah bagi kami as a girl. Konon, katanya perempuan berdarah bugis tentunya sangat merawat diri mereka. Bahkan untuk berpanasan saja mereka tak mau. Tapi kata siapa? In fact, walau pada kenyataannya masih memikirkan panas terik matahari yang akan membakar kulit, tetapi selama perjalanan dinikmati itu tak akan menjadi masalah.

Sekilas berbicara mengenai Laguna Plage yang berlokasi di Desa Pao-Pao ini. Siapa sangka bahwa pantai ini sungguh indah dan juga berlokasi yang cukup strategis. Di pantai ini, kita dapat melihat Pulau Putih Angin yang berada tepat di depannya. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih sepuluh menit untuk sampai dengan menggunakan kapal sewaan masyarakat didaerah pesisir pantai.  Untuk dihari biasanya, pengunjung pantai ini bisa dikategorikan cukup sepi bahkan ada hari dimana benar-benar tak ada yang mengunjunginya selain penjaga pantai itu saja.

Walau kata salah satu masyarakat yang juga merupakan penjaga Pantai Laguna ini, bahwa Pantai Laguna sangat marak pengunjung dihari libur, minggu salah satunya. Akan tetapi, saya sendiri mengambil kesimpulan bahwa Pantai Laguna ini belum cukup terkenal di Sulawesi Selatan ataupun di daerah Kabupaten Barru itu sendiri. Mengapa? Bahkan untuk menemukan Pantai Laguna di GPS sajapun tak terjangkau.

Pantai Laguna sendiri sebenarnya dapat memikat hati para pengunjung untuk datang berkunjung di daerah Desa Pao-Pao, Kabupaten Barru ini. Sebuah pembangunan pantai yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) APBN Tahun Anggaran 2017, terdiri atas lima unit gazebo dan satu unit rumah petak. Tidak lain juga membutuhkan perhatian khusus oleh masyarakat diluar daerah itu sendiri.

Selain memperkenalkan bahwa di daerah Desa Pao-Pao terdapat pantai dengan hamparan pasir, pepohonan dan udara yang sejuk menawan, ini juga dapat digunakan sebagai alat yang dimana bisa menambah pendapatan masyarakat daerah itu juga. Tentunya akan lebih banyak hal positif lainnya lagi. Salah satunya lagi, dengan kondisi pantai yang saat ini masih kurang terawat, dengan adanya perhatian dari masyarakat diluar sana lebih memungkinkan untuk terciptanya kondisi pantai yang lebih terawat dari sebelumnya.

In conclusion, pemandangan pantai yang sangat menarik hingga memberikan berbagai inspirasi untuk saya sendiri, tentunya saya juga mengajak kalian untuk mengunjungi pantai yang satu ini. "Belajar tak hanya dengan buku saja, dengan menjelajahi dunia kaupun bisa jauh lebih tahu makna belajar dan sekaligus hidup yang sebenarnya", ya this is one of the best quotes i ever heard. So, sebagai pemuda-pemudi Sulawesi Selatan, terkhusus daerah Kabupaten Barru sendiri akan jauh lebih bermanfaat jika dengan memberikan segala macam aspirasi untuk salah satu pantai di Desa Pao-Pao ini. Dengan satu gerakan yang dimana bisa memberikan perubahan bagi kekayaan alam yang ada di daerah sendiri khususnya. Indonesiaku Jaya!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x