Mohon tunggu...
Media Indah E. L
Media Indah E. L Mohon Tunggu...

I love to taking pic. But I love writing too...

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Ingin Barang Jualan di Instagram Laris Manis? Ini Caranya!

27 Desember 2017   15:19 Diperbarui: 11 April 2018   09:16 1553 2 0 Mohon Tunggu...
Ingin Barang Jualan di Instagram Laris Manis? Ini Caranya!
Ilustrasi: Instagram (Freepik.com)

Pesatnya perkembangan teknologi internet khususnya, membuat dunia bisnis memasuki persaingan yang sangat ketat. Hal tersebut juga mengubah kebiasaan masyarakat dan pola hidupnya.

Berkembangnya teknologi saat ini juga membuat masyarakat menggunakan strategi marketing yang beragam. Mulai dari offline hingga online. Offline yaitu secara langsung dari penjual ke pelanggan tanpa melalui media. Sedangkan online dilakukan melalui media internet mulai dari situs e-commerce hingga media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya.

Maisng-masing media sosial memiliki ciri dan karakteristrik berbeda yang dapat digunakan sebagai peluang meningkatnya keuntungan penjualan. Salah satunya adalah media social Instagram.

Media sosial Instagram menjadi pilihan nomor satu bagi pedagang online karena Instagram merupakan aplikasi yang secara efektif mempromosikan barang karena memperlihatkan foto secara detail.

Selain itu, Instagram juga dapat di download di smartphone yang menjadikannya mudah diakses serta dijadikan sarana untuk berbagi foto. Sehingga tak sedikit pula online shop memanfaatkannya sebagai online shop, baik bisnis kecil maupun perusahaan besar.

Berikut beberapa hasil riset mengenai Instagram dari sejumlah pakar (emphatic.marketing), yaitu mengenai perilaku pengguna Instagram di Indonesia:

  • Indonesia adalah negara ke 4 di dunia dengan pengguna Instagram terbanyak di dunia, dan urutan ke-2 terbanyak di Asia
  • Jumlah pengguna Instagram aktif di Indonesia mengalami pertumbuhan 2 kali lipat dari tahun ke tahun.
  • Pengguna Instagram di Indonesia tergolong aktif.
  • 45% pengguna Instagram di Indonesia sering membeli barang-barang yang mereka lihat di Instagram bila menarik.

Berikut cara berjualan agar produk laris manis di Instagram yang dikutip dari bebagai sumber:

1.  Buat akun khusus

  • Sebaiknya tidak gunakan akun pribadimu untuk meletakkan produk yang dijual. Buatlah akun khusus untuk mempermudah menyasar target dan memposisikan toko sesuai dengan karakter produk.  Akun khusus juga menunjukkan keprofessionalanmu dalam membangun bisnis.

Ilustrasi: Akun Instagram (Freepik.com)
Ilustrasi: Akun Instagram (Freepik.com)
2.  Upload foto dengan konten menarik serta angle foto yang bagus
  • Resolusi foto dan angle foto yang anda jadikan sebagai konten dapat menarik minat orang untuk mengikuti akun anda. Teknik yang anda ambil dalam berfoto atau konten yang anda tampilkan dapat membuat mereka jadi lebih tertarik. Jangan lupa cantumkan deskripsi yang jelas namun singkat pada produk anda shingga mudah dimengerti. Selain itu, dalam meng-upload konten, jangan hanya mencantumkan produk, sekali-sekali, upload konten lain namun tetap berhubungan dengan bisnis sehingga pengikutmu tak bosan.

Ilustrasi: Mengambil Gambar (Freepik.com)
Ilustrasi: Mengambil Gambar (Freepik.com)
3.  Mencari pengikut yang banyak
  • Tanpa pengikut, maka tidak ada yang melihat foto dan tidak ada yang membeli produk. Cara terbaik adalah ikutilah pengikut dari akun instagram yang menjual produk sejenis. Ikutilah sebanyak mungkin namun bertahap.

Ilustrasi: Followers Instagram (Freepik.com)
Ilustrasi: Followers Instagram (Freepik.com)
4.  Beri diskon produk tertentu
  • Kebanyakan wanita memilih produk yang ada potongan harga atau diskon sebagai pilihan yang akan dibeli. Untuk itu, anda perlu memberikan diskon pada produk yang menurut anda banyak disukai sehingga hal tersebut juga meningkatkan perhatian orang terhadap produk tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x