Mohon tunggu...
Indah Dwi Rahayu
Indah Dwi Rahayu Mohon Tunggu... Lainnya - Semesta Membaca Tinta yang Tertoreh

If I might share my opinion, this world is hell, and our task is to create our own heaven - Eka Kurniawan, Beauty Is a Wound.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bahu-membahu SDC Morowali dan PT IMIP Jaga Lingkungan Pulau Sombori

2 Juli 2022   15:51 Diperbarui: 2 Juli 2022   16:00 53 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Acar rehabilitasi terumbu karang oleh SDC Morowali dan PT IMIP. Sumber foto: kumparan/Palu Poso

Keindahan Sombori sebagai bagian dari Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) Morowali perlu mendapat banyak perhatian. Pasalnya, di pulau itulah, banyak keanekaragaman hayati bawah laut, dari mulai koral, terumbu karang, atol hingga ikan-ikan.

Beruntungnya, Kawasan Konservasi Sombori ini mempunyai Sombori Dive Conservation (SDC) dan juga PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) yang saling bahu-membahu melestarikan ekosistem pesisir Morowali, terutama di perairan Sombori.

Sombori Dive Conservation (SDC) adalah komunitas yang bergerak di bidang lingkungan yang kiprahnya dalam menjaga lingkungan Sombori itu tidak perlu diragukan lagi. Bahkan karena dedikasinya, SDC Morowali pernah mendapat Penghargaan Kalpataru 2021 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Oktober 2021 silam. 

Sedangkan PT IMIP sendiri sudah terkenal dengan aksi peduli lingkungan di sekitarnya, dari mulai rehabilitasi mangrove di sana-sini, penanaman pohon, memberikan bantuan tong sampah dan truk sampah hingga upaya transformasi ke industri yang lebih ramah lingkungan.

IMIP Apresiasi SDC Morowali dan Ajak Kolaborasi Benahi Lingkungan 

Tak lama setelah SDC Morowali menerima piala penghargaan Kalpataru di Jakarta, PT IMIP pun langsung mengundang pihak komunitas penyelamat lingkungan tersebut untuk berikan apresiasi secara langsung dan juga membahas rencana pelestarian ekosistem di pesisir Morowali pada Jumat (8/10/2021) silam. 

Pertemuan IMIP dan SDC Morowali pada Oktober 2021 silam. Sumber foto: metrosulteng.com
Pertemuan IMIP dan SDC Morowali pada Oktober 2021 silam. Sumber foto: metrosulteng.com

Ajakan  kolaborasi ini tentunya disambut baik oleh pihak SDC Morowali. Dan hasilnya, kedua penjaga lingkungan di Morowali itu sepakat untuk menggodok rencana pembenahan lingkungan Morowali menjadi lebih baik.

Setelah pertemuan di Oktober 2021, pada Rabu, (1/6/2022) PT IMIP bersama Sombori Dive Conservation (SDC) Morowali melakukan upaya rehabilitasi terumbu karang. Dalam kegiatan rehabilitasi terumbu karang turut hadir Ketua SDC Morowali, Kasmudin, Direktur Operasional PT IMIP, Irsan Widjaja, perwakilan perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan (KKP) Kabupaten Morowali dan Kepala Desa Mbokita, Jufri.

Sebelumnya pihak PT IMIP juga dikabarkan telah memberikan bantuan perahu yang digunakan untuk patroli konservasi di sekitar perairan Sombori.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan