Mohon tunggu...
Inayah
Inayah Mohon Tunggu... Direktur CV Gemilang Abadi Semesta

Saya adalah orang yang percaya bahwa Tuhan memberikan masalah seperangkat dengan solusinya, hanya saja banyak orang yang belum menyadari & memahaminya, beberapa yang masih fokus dengan masalah sehingga lupa mencari solusinya. Melalui hypnotherapy saya membantu orang untuk mengenali ego positif yang ada di diri mereka dan menyambut kebahagiaan mereka.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Peran Komunikasi Interpersonal dalam Menciptakan Lingkungan Kerja yang Harmonis

27 Agustus 2025   08:00 Diperbarui: 25 Agustus 2025   09:19 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Komunikasi dalam Tim (freepik/tirachardz )

 

Dalam dunia kerja yang dinamis, kemampuan berkomunikasi bukan hanya soal menyampaikan informasi, tetapi juga bagaimana membangun hubungan yang sehat antar individu. Komunikasi interpersonal menjadi salah satu keterampilan penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang harmonis, di mana setiap anggota tim merasa dihargai, dipahami, dan termotivasi untuk bekerja sama mencapai tujuan bersama.

Mengapa Komunikasi Interpersonal Penting di Tempat Kerja?

Komunikasi interpersonal yang baik dapat memperkuat rasa kebersamaan dan meningkatkan efektivitas kerja. Beberapa manfaat yang dihadirkan antara lain:

  • Membangun kepercayaan antar rekan kerja, sehingga meminimalisir potensi konflik.

  • Meningkatkan empati dan pengertian, yang membuat setiap individu merasa lebih dihargai.

  • Mendorong kolaborasi yang produktif, karena pesan tersampaikan dengan jelas tanpa menimbulkan salah tafsir.

  • Menciptakan suasana kerja yang positif, sehingga karyawan lebih nyaman dan termotivasi.

Strategi Menerapkan Komunikasi Interpersonal yang Efektif

  1. Mendengarkan secara aktif -- fokus pada lawan bicara tanpa menyela agar pesan tersampaikan utuh.

  2. Menggunakan bahasa tubuh yang positif -- kontak mata, senyuman, dan sikap terbuka dapat memperkuat pesan verbal.

  3. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Worklife Selengkapnya
    Lihat Worklife Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun