Mohon tunggu...
Inay
Inay Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

PMM UMM Gelombang 8 Kelompok 96 tahun 2022: Mensukseskan Gerakan BARIISAN dalam Program Adhiwiyata dengan Pembentukan Karakter Religi

1 Oktober 2022   22:15 Diperbarui: 1 Oktober 2022   22:21 214
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sekolah menjadi sarana belajar banyak hal bagi para peserta didik yang menjadi orangtua kedua setelah keluarga di rumah. Hal yang dipelajari meliputi banyak aspek yang salah satunya adalah norma atau yang dikenal dengan aturan, dalam ruang lingkup tulisan ini lebih kepada aturan yang berlaku dalam menjaga lingkungan hidup dan juga melestarikannya.

Didalam ruang lingkup sekolah ada berbagai macam program yang salah satunya yaitu Program Adiwiyata yang lahir dari kerjasama antara Menteri Pendidikan dan Menteri Lingkungan Hidup. Hal ini menjadi upaya yang baik atau ideal untuk peserta didik mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya dan membangun keberlangsungan hidup generasi yang akan datang (program pendidikan lingkungan hidup)

Adapun program yang diadakan oleh Mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah Malang yakni Pengabdian Mahasiswa/i untuk Masyarakat oleh kelompok 96 gelombang 8 di SDN DINOYO 3 MALANG yang akan membantu mensukseskan Program Adiwiyata BARIISAN (Bersih, Asri, Ramah, Indah, Inklusif, Sehat, Aman dan Nyaman) yang tidak luput dengan memasukkan unsur religi didalamnya sehingga dapat membantu pembentukan karakter religi peserta didik.

Program Pengabdian Mahasiswa untuk Masyarakat oleh Mahasiswa/i dari Universitas Muhammadiyah Malang yang di adakan tepatnya berlokasikan di SDN DINOYO 3 MALANG Malang yakni Program Adiwiyata yang membantu mensukseskan Program BARIISAN ini dengan membuat plakat tanaman yang divariasikan dengan slogan-slogan baik dalam menjaga lingkungan, sehingga setiap anak yang melewati taman akan membaca dan dapat selalu mengingat bahwa betapa pentingnya kita sebagai manusia menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Program Go Green dengan membuat tempat untuk tanaman hias yang dapat sekaligus digunakan untuk menjadi dekorasi, terlebih lagi seorang anak sangat menyukai hal yang dapat membuat mereka tertarik. Hal inilah yang nantinya dapat dijadikan pembelajaran bagi siswa/i agar mereka menjaga dan merawat lingkungan sekolah. Sehingga hasilnya dapat mereka tuai sendiri dari contoh hal yang sudah dilakukan oleh Mahasiswa/i PMM dari Universitas Muhammadiyah Malang. Sekaligus memberikan penyuluhan singkat terkait sampah Organik dan Anorganik serta memberikan tempat sampah yang dapat membantu anak-anak lebih melek dalam pentingnya membagi sampah yang seharusnya dibuang berdasarkan jenisnya, dengan ini anak-anak secara tidak langsung membiasakan diri dalam membantu mejaga melestarikan lingkungan hidup.

Hal lain yang dilakukan oleh Mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah Malang membuat poster tentang program BARIISAN, stop bullying, stop kekerasan, dan sekolah ramah anak. Tujuan pembuatan poster tak hanya untuk mengajarkan anak agar melakukan sesuatu didalam poster tersebut, tetapi juga dapat meningkatkan literasi anak.

Tak hanya menjalankan program yang telah dirancang, Mahasiwa/I kelompok 96 juga membantu para guru dalam mengajar para siswa, seperti mata pelajaran agama Islam, PPKN serta tematik. Kemudian juga membantu para guru menjalankan program pembiasaan pagi yang diawali dengan membaca doa, lalu membaca asmaul husna, menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza serta menghafal surat surat pendek sesuai dengan tingkat kelas. Selain itu Mahasiswa/i juga mendampingi guru agama dalam mengawasi kegiatan sholat dzuhur anak-anak, dimulai dari kelas 1 dan 2, diakhiri kelas 5 dan 6. Kegiatan ini akan memberikan dampak yang positif dalam pembentukan karakter religi dari setiap peserta didik SDN DINOYO 3 MALANG.

Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan bertujuan untuk menciptakan kondisi yang baik di dalam ruang lingkup sekolah untuk tempat pembelajaran dan penyadaran yang nantinya seluruh lingkup warga di dalam sekolah akan ikut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan dengan di mulai dari hal kecil. Serta juga pengembangan karakter religi para peserta didik.

Hal positif yang dapat penulis ambil dari berbagai program yang sudah dipaparkan diatas yaitu mendukung gerakan Adiwiyata ini nantinya anak menjadi lebih merawat alam dan menjaga kebersihan karena kebersihan adalah sebagian dari iman yang dalam bahasa arab “annadzhofatu minnal iimaani”. dapat memberikan dan mengajarkan secara tidak langsung pembentukan karakter religi bagi anak yang sangat berguna bagi peserta didik dalam proses tumbuh kembangnya terutama dalam pembentukan karakter dengan pembiasaan yang positif meski utamanya yakni lebih kepada mengurangi dampak pencemaran pada lingkungan. 

Membantu anak agar bisa mendapatkan wawasan yang lebih dari melakukan literasi dengan membaca dari poster yang sudah dibuat dengan design yang sedemikian rupa sehingga anak akan tertarik, dan ditempelkan di setiap ruang kelas agar setiap anak didik dapat membaca. Yang besar harapan dapat menerapkan juga di dalam kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun