Mohon tunggu...
Inavoice
Inavoice Mohon Tunggu... Lainnya - The Biggest Audio Marketplace and Voice Over Agency in Indonesia

There are several works we can do for you to boost up your project! From our audio marketplace, you can purchase music for your products or campaign, along with various unique voices from our voice over Indonesia talents. We also provide 18 different languages and more languages soon You can also create your own music for your project with us!

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

4 Cara Membuat Podcast Agar Bisa Menghasilkan Uang

29 Januari 2021   10:56 Diperbarui: 21 Juni 2021   15:15 406 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Cara Membuat Podcast Agar Bisa Menghasilkan Uang
Sumber ilustrasi latar via podcastinc.io

Halo, jumpa lagi sama admin Inavoice.com. Mimin berharap semua dalam kondisi yang baik-baik saja ditengah keadaan yang sedang kurang baik ini. Kali ini mimin balik lagi dengan topik podcast, yang mana beberapa waktu ini mimin lagi getol banget buat ngulik media ini.

Gimana mimin gak getol ngulik tentang media ini, media yang terbilang baru mulai trend di tahun sejak tahun 2018 awal, dan kini mulai memasuki puncak popularitasnya. Coba lihat gambar dibawah ini, grafiknya benar-benar naik tajam kan akhir-akhir ini?

Source: Google Trends
Source: Google Trends

Mungkin buat anda yang baru akan membuat podcast, atau bahkan sudah memiliki podcast yang tayang melalui platform Spotify, anda tidak perlu menunggu program SAI (Streaming Ads Insertion) dari Spotify untuk masuk di Indonesia dan bisa secara langsung mendapatkan iklan dari Spotify. Ada beberapa cara kreatif untuk menghasilkan uang melalui podcast yang akan atau sudah anda produksi.

Pada artikel sebelumnya, Mimin Inavoice.com juga sudah memberikan tips-tips jitu untuk mendapatkan traffic organic pendengar podcast anda. Ada baiknya anda membaca lebih dahulu tentang bagaimana cara mendapatkan traffic podcast tersebut karena traffic merupakan salah satu kunci utama membuat podcast anda dapat menghasilkan uang.

Oiya, sebelum anda mencoba untuk menghasilkan uang secara mandiri melalui podcast, ada baiknya anda melihat dan melakukan pengecheckan pada traffic podcast anda melalui Spotify for Podcaster. Ketika anda mengunggah podcast anda ke Spotify melalui RSS Feed, secara otomatis anda akan memiliki laman spotify for podcaster yang dapat anda gunakan untuk mengecheck traffic pendengar podcast anda.

Data traffic yang anda miliki adalah aset utama anda untuk bisa mendapatkan pengiklan pada podcast anda. Ada beberapa metode manual yang bisa anda lakukan, seperti pitching dengan calon advertiser, menghubungi teman-teman terdekat yang sudah memiliki usaha, dan banyak hal lain yang memungkinkan orang tertarik untuk mengiklankan produk atau jasanya melalui podcast anda.

Tentunya konten podcast yang anda buat harus sesuai dengan target audiens pengiklan, dan saran mimin, konten podcast yang terdapat iklan didalamnya tidak menurun kualitasnya. Ingat traffic adalah kunci, bila kualitas podcast anda menurun, bisa dipastikan bahwa traffic podcast anda juga menurun.

Bila traffic anda tinggi, dan anda yakin bahwa anda akan memberikan ruang khusus untuk iklan pada podcast anda, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Yuk kita simak beberapa hal yang mungkin anda lakukan untuk menghasilkan uang secara mandiri melalui podcast

4 Cara Membuat Podcast Menghasilkan Uang Secara Mandiri

1. AdLibs

Loh, AdLibs? Bukankah AdLibs merupakan salah satu jenis iklan yang biasa ada pada media radio? Betul AdLibs memang populer pada media radio, dan tidak salah bila kita menggunakan iklan ini pada podcast karena podcast sejatinya adalah radio on demand atau bentuk baru media radio yang ditayangkan melalui platform digital yang bisa kita dengarkan kapan saja.

Sejatinya dengan bisa didengarkan kapan saja merupakan suatu keuntungan bagi pengiklan karena iklan yang merka pasang akan long last. Tidak akan hilang bila podcast anda tidak anda takedown atau anda hapus episodenya dari Spotify.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x