Mohon tunggu...
Inavoice
Inavoice Mohon Tunggu... Lainnya - The Biggest Audio Marketplace and Voice Over Agency in Indonesia

There are several works we can do for you to boost up your project! From our audio marketplace, you can purchase music for your products or campaign, along with various unique voices from our voice over Indonesia talents. We also provide 18 different languages and more languages soon You can also create your own music for your project with us!

Selanjutnya

Tutup

Media

Cara Membuat Podcast dan Menayangkannya di Spotify

19 Januari 2021   13:37 Diperbarui: 21 Juni 2021   15:19 242 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Membuat Podcast dan Menayangkannya di Spotify
Membuat Podcast dan Tayang di Spotify

Wah, terima kasih sekali karena mau membaca artikel kami di blogging platform ini. Admin gak nyangka loh kalau traffic membaca artikel disini lumayan besar. Admin jadi semangat deh buat nulis lebih banyak lagi di sini!

Kalau kemarin kita sudah membahas tentang gimana sih cara menentukan rate dari sebuah project Voice-Over, kini admin mau ngebahas dikit tentang podcast. Loh kenapa podcast? Karena ternyata podcast itu demandnya lumayan tinggi, dan masih banyak orang yang bingung gimana caranya nayangin podcastnya di spotify.

Dari mana admin tau kalau demand podcast itu tinggi? Coba deh lihat grafik dari google trend ini, lonjakan minat orang untuk mencari tau tentang podcast, dan bahkan untuk menjadi podcaster kini cukup tinggi. Tercatat data dari thepodcasthost.com bahwa jumlah podcast di Apple Podcast saja hingga Desember 2020 kemarin berjumlah 1.68 juta. Pun juga dengan bukti dari hasil research wearesocial yang menyatakan bahwa 43% kegiatan orang Indonesia ketika online adalah mengkonsumsi podcast sebagai salah satu pilihan menunya.

Lantas apa yang temen-temen semua pikirkan mengenai data-data yang admin utarakan di atas? Betul, membuat podcast kini bisa menjadi sebuah celah baru untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Dengar-dengar, Spotify sudah bekerjasama dengan perusahaan pengiklan yang kedepannya akan mengusahakan sebuah tools baru yaitu “Streaming Ad Insertion” tool. Ini berita dari sumber yang terpercaya loh.

Oke, karena kita tau bahwa kedepannya Spotify mungkin dapat dimonetisasi, dan kini merekam podcast juga sudah menjadi hal yang cukup mudah, lantas bagaimana langkah yang tepat untuk memproduksi podcast kita, mulai dari pencarian topik hingga menayangkannya ke spotify? Yuk kita simak beberapa langkah yang tepat menurut Inavoice.com.

Langkah Memulai Memproduksi Podcast

Langkah Memulai Memproduksi Podcast
Langkah Memulai Memproduksi Podcast

Secara teknis, mungkin anda sudah mengerti kebutuhan alat apa saja yang dibutuhkan untuk merekam suara. Hampir sama dengan Voice-Over, podcast juga tentunya membutuhkan beberapa alat untuk memproduksi suara. Untuk spesifikasi lengkapnya, anda bisa membaca artikel Inavoice.com yang beberapa waktu lalu telah tayang.

Setelah anda mengerti kebutuhan alatnya apa saja, lantas masuklah anda pada tahap brainstorming. Brainstorming tentunya bisa di lakukan sendirian, namun anda bisa juga brainstorming bersama teman, yang mungkin akan anda ajak kerja sama untuk mengerjakan podcast ini. Apa saja yang bisa kalian bicarakan saat brainstorming, yuk simak ulasannya :

1. Menentukan Topik / Kategori Podcast

Hal yang paling penting dalam sebuah pembuatan podcast adalah penentuan topik podcast yang akan anda kerjakan. Karena topik dari podcast inilah yang nantinya akan menjadi identitas program siaran anda. Topic podcast tentunya beragam, mulai dari olah raga, horror, cerita cinta, lifestyle, dsb. Pemilihan topik ini tentunya harus benar-benar di dasarkan pada preferensi anda.

Pastikan bahwa anda menguasai materi dari topik yang anda bawakan. Hal ini nantinya akan berpengaruh pada cara kerja anda, mulai dari pembuatan naskah, ketika membawakan podcast, dan juga untuk mengantisipasi rasa bosan ketika melakukan produksi dengan topik yang selalu sama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x