Mohon tunggu...
Ina Purmini
Ina Purmini Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga, bekerja sebagai pns

Menulis untuk mencurahkan rasa hati dan isi pikiran

Selanjutnya

Tutup

Financial

QRku m-BCA Membuat Ibu Bahagia

22 Mei 2019   22:08 Diperbarui: 22 Mei 2019   22:10 26
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.bca.co.id

Sudah menjadi tradisi, setiap lebaran saya dan keluarga selalu pulang kampung. Selain sungkem dengan Ibu (ayah saya sudah dipanggil Allah SWT) dan bersilaturahmi dengan sanak saudara, saya juga  'ngaturi' atau memberi uang 'THR' buat ibu  berlebaran, meski ibu tak mengharapkan itu. Berkumpul dengan semua anak dan cucu sudah membuat ibu bahagia.

Idealnya THR diberikan sebelum lebaran tiba biar bisa dipakai untuk belanja macam-macam keperluan lebaran, demikian juga dengan THR ibu, seharusnya saya transfer sebelum lebaran tiba. Selama ini saya 'aturke' saya berikan bersamaan saya pulang kampung. Untuk tahun ini saya akan transfer sebelum lebaran tiba. Tapi karena ibu sudah sepuh, pastilah gaptek urusan transfer-transfer begini, uang pensiun saja selalu dikuasakan kepada kakak buat ngambil setiap bulannya. Untungnya ada keponakan yang tinggal serumah dengan ibu, saya minta keponakan yang anak milenial yang generasi simpel untuk install m-BCA saja, biar urusan transfer menjadi mudah, 'dibikin simpel dengan QRku'.

Bagaimana cara transfernya? Sangat simpel, cukup dengan scan kode QR rekening tujuan tanpa perlu mengetikkan nomor dan nama rekening.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Install m-BCA bagi yang belum ada aplikasinya, sedangkan bila sudah ada setelah login pilih QR kemudian tap show QR maka akan muncul di layar kode QR rekening kita. Kode ini bisa kita share langsung atau kita simpan untuk sewaktu-waktu kita kirim jika ada orang yang mau transfer ke rekening kita. (Langkah ini yang saya minta dilakukan oleh keponakan saya agar saya bisa transfer THR ibu);

2. Login m-BCA pilih menu transfer tap QR kemudian scan kode QR rekening tujuan. Bila rekening tujuan sudah ada/tersimpan di galeri hp kita, tap ikon image kemudian cari file kode QR rekening tujuan, maka file akan langsung terbaca;

3. Masukkan nominal uang yang akan kita transfer kemudian tap OK;

4. Permintaan konfirmasi : apakah nama, nomor rekening dan nominal transfer sudah sesuai, jika sesuai tap OK;

5. Masukkan PIN m-BCA lalu OK;

Yups!!! THR sudah terkirim pada rekening keponakan untuk 'diaturke' ibu di kampung halaman. Tinggal wa ke keponakan "Andi, tadi bulik transfer uang sekian ya...tolong nitip 'diaturke' yangti, mksh."  

Sayapun kemudian telepon ibu, mengabarkan bahwa THR buat ibu sudah ditransfer dengan 5 langkah mudah. Dan sampai ketemu saat lebaran nanti sambil menikmati lontong opor ayam kampung plus lodeh kluweh istimewa resep ibu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun