Mohon tunggu...
INA DEWI NURMALA
INA DEWI NURMALA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hanya lelah, bukan menyerah:)

Selanjutnya

Tutup

Travel

Wisata Alam Petik Buah Kampung Rambutan

7 Desember 2021   16:45 Diperbarui: 7 Desember 2021   16:49 98 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Wisata alam Kampung Rambutan, terletak di sebuah dukuh kecil yaitu Dukuh Kedungjero, Dusun Selopuro, Desa Ngetos, Kecamatan ngetos, Kabupaten Nganjuk. Wisata ini merupakan wisata Rintisan dari pemuda dan warga masyarakat Dukuh tersebut dan bertujuan untuk meningkatkan penghasilan petani, khususnya petani buah rambutan.


Wisata petik buah ini hanya dengan membayar tiket masuk saja pengunjung sudah disuguhi hamparan lahan yang dipenuhi pohon rambutan.  Disitu pengunjung juga diberi kebebasan untuk memetik dan merasakan buah rambutan sepuasnya.


Kata "rambutan" berasal dari buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut. Buah ini mempunyai daging berwarna putih, yang terdapat biji di dalamnya, dan bentuknya seperti bola kecil. Apabila dikupas, buah ini mempunyai penampilan yang mirip dengan buah Leci dan kelengkeng. Buah rambutan ini sendiri memiliki rasa yang manis dan cocok dikonsumsi oleh siapa saja, tak terkecuali ibu hamil dan anak kecil. Karena itulah, banyak yang menyukai buah ini.


Seperti buah lainnya nya, buah rambutan juga mengandung berbagai macam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Di antaranya, dalam 100 gram buah rambutan, terdapat sekitar 70 kalori, serta:
* 0.9 gram protein
* 18 gram karbohidrat
* 0.8 - 1 gram serat
* 15 miligram kalium
* 0.5 miligram zat besi
* 15 miligram natrium
* 110 miligram kalium
* 60 miligram vitamin C

Buah rambutan juga mengandung magnesium, folat, zinc, kolin, dan aneka vitamin lain, seperti vitamin  A dan dan vitamin B. Tak hanya itu saja, buah ini juga mengandung aneka antioksidan di dalamnya, seperti anthocyanin, senyawa fenolik, dan flavonoid. Karena mengandung banyak nutrisi, maka tak heran jika buah rambutan dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, diantaranya yaitu :


1.melancarkan sistem pencernaan
Kandungan serat yang dimiliki buah rambutan baik untuk melancarkan pencernaan  dan juga proses pengeluaran tinja saat buang air besar. Dengan mengonsumsi serat yang cukup, maka kamu akan terhindar dari sembelit atau konstopasi.


2. Memperkuat daya tahan tubuh
Rambutan merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C yang baik, vitamin A dan antioksidan yang menjadikan buah ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.


3. Menjaga kesehatan jantung
Kandungan kalium pada buah rambutan bermanfaat untuk mendukung kesahatan jantung. Antioksidan pada buah ini juga berperan dalam mengurangi peradangan, sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke.


4. Membantu penurunan berat badan
Dengan mengonsumsi buah rambutan, bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama sehingga dapat menurunkan nafsu makan. Namun apabila kamu merupakan seseorang yang sedang dalam program menurunkan berat badan. Maka, kamu pun tetap dianjurkan untun menerapkan pola hidup sehat.


5. Menjaga kesehatan tulang
Kesehatan dan kekuatan tulang akan menurun seiring bertambahnya usia. Namun dengan mengonsumsi makanan tinggi kalsium dan kalium secara rutin hal tersebut dapat dicegah. Agar kesehatan tulang tetap terjaga dengan baik dianjurkan juga untuk tetap aktif berolahraga, tidak merokok, dan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, dan jika dibutuhkan dapat mengonsumsi suplemen.


6. Menurunkan resiko kanker.
Antioksidan yang yang dikandung dalam buah rambutan baik untuk menangkal efek radikal bebas dan kerusakan sel-sel tubuh. Kandungan ini juga memiliki manfaat dalam menurunkan risiko kanker tubuh. Buah rambutan atau ekstrak buah ini ini memiliki sifat antikanker yang bisa mencegah terjadinya beberapa jenis kanker seperti kanker kulit dan kanker usus besar" menurut penelitian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan