Mohon tunggu...
Saut Rio
Saut Rio Mohon Tunggu... Guru - Guru

Pendidik Pendidikan Pancasila di SMP Santo Markus II.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengalaman Saya Menggunakan Platform Merdeka Mengajar: Sebuah Perjalanan Menuju Pembelajaran Berkualitas

5 April 2024   13:47 Diperbarui: 5 April 2024   14:44 222
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Platform Merdeka Mengajar adalah aplikasi super pendidikan yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk membantu para guru dalam mengajar, meningkatkan kompetensi, dan berkarya secara lebih baik lagi. Bisa dibilang platform ini sebagai sumber edukasi untuk  guru. Dengan Platform Merdeka Mengajar, saya sendiri sebagai guru ingin berbagi pengalaman saat menggunakan fitur-fitur pada Platform Merdeka Mengajar, saya mendapatkan berbagai macam manfaat, diantaranya:

Referensi dan inspirasi untuk kurikulum merdeka: Platform ini menyediakan referensi dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka, serta membantu saya dalam menerapkannya di kelas. Ada beragam materi yang sanagt bisa dimanfaatkan, seperti dokumen, video, dan artikel yang membahas mengenai Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, hingga projek penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Perangkat ajar untuk mengajar yang disesuai kemampuan peserta didik: Melalui fitur ini, saya dapat mengakses berbagai perangkat ajar yang bisa disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Perangkat ajar ini mencakup modul mengajar, bahan ajar, modul projek, hingga buku teks. Semua perangkat ajar tersebut bisa diunduh dan diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

Pelatihan untuk meningkatkan kompetensi: Platform Merdeka Mengajar menawarkan kesempatan kepada saya untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensi saya kapanpun dan dimanapun.

Lebih mudah mempersiapkan administrasi mengajar: Dahulu saya harus meluangkan waktu khusus untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau dengan kurikulum merdeka sering disebut dengan istilah Modul Ajar. Sekarang, dengan adanya Platform Merdeka Mengajar, saya dapat  mengakses bank Modul Ajar yang sudah tersedia, Modul Ajar tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik di kelas masing-masing. Ini membuat persiapan mengajar menjadi lebih efisien.

Menemukan inspirasi dan inovasi: Platform ini menyediakan kumpulan praktik baik dan inovasi dari guru-guru lain di seluruh Indonesia. Para guru bisa saling bertukar ide dan inspirasi untuk membuat pembelajaran di kelas menjadi lebih menarik dan efektif .

Peluang untuk belajar mandiri: Platform Merdeka Mengajar menyediakan berbagai macam materi pelatihan yang bisa diakses kapan saja, sesuai dengan waktu luang yang saya miliki. Dengan fitur ini, saya bisa terus belajar dan meningkatkan kompetensi saya secara mandiri hanya dengan bermodal kuota tentunya.

Selain itu dalam Platform Merdeka Mengajar, saya bergabung dalam berbagai komunitas belajar, hal ini sangat menyenangkan untuk untuk setiap anggota dalam komunitas belajar, saling berbagi praktik baik serta berkolaborasi meningkatkan kompetensi untuk membantu rekan sejawat dalam meningkatkan kompetensi pedagogik, profesionalitas, sosial dan juga kepribadian. Jadi, Platform Merdeka Mengajar membuat saya sebagai guru merasa terbantu dalam mempersiapkan mengajar, memberikan inspirasi untuk berinovasi, dan bahkan menawarkan kesempatan untuk belajar mandiri mengembangkan kompetensi kapanpun sesuai dengan waktu luang saya. Semoga dengan platform ini, guru -- guru teman sejawat saya dapat menjadi lebih profesional, inovatif, dan adaptif, sehingga mampu memberikan pendidikan yang berkualitas bagi semua anak di Indonesia. Dengan kerja sama semua pihak, Platform Merdeka Mengajar dapat menjadi alat yang ampuh untuk mewujudkan pendidikan yang lebih berkualitas dan merata di Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun