Mohon tunggu...
Imansyah Rukka
Imansyah Rukka Mohon Tunggu... Kemuliaan Hidup bukan hanya sekedar rutinitas namun bagaimana bisa mermanfaat bagi umat manusia dan alam semesta

Ketua DPD PPWI Sulsel (Persatuan Pewarta Warga Indonesia) Sulawesi Selatan -- Jurnalis Koran Sergap , (sergapreborn.id), Harian Siber (hariansiber.com).

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Begini Kronologi Korban Positif Corona Asal Gowa yang Dimakamkan di TPU Islam Sudiang, Kota Makassar

29 Maret 2020   15:49 Diperbarui: 29 Maret 2020   16:12 947 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Begini Kronologi Korban Positif Corona Asal Gowa yang Dimakamkan di TPU Islam Sudiang, Kota Makassar
dokumentasi pribadi

Salah seorang yang berstatus Pasien Dalam Pemantauan (PDP), bernama Arsidin Rahman (52) setelah dinyatakan korban positif corona meninggal dunia di RS. Wahidinsudirohusodo, Minggu (29/03/2020).

Dari Rilis yang diterima dari Koramil 1408-11/Bky Biringkanaya menjelaskan bahwa Alamarhum korban bernama Arsidin Rahman, yang terakhir  menjabat sebagai Kepala.seksi bidang reservasi pelaksanaan Balai Besar Pelaksanaan Jalan  Nasional VI Dirjen Bina Marga Pekerjaan Kementeian PU, Baddoka Kota Makassar, Minggu (29/03/2020).

Almarhum yang tercatat sebagai status Pasien Dalam Pemantauan (PDP) sempat dirawat di RS. Wahidin Sudiro Husodo, Kota Makassar tersebut berdomisili di perumahan BTN Pao-Pao E6/18 Kel. Paccinongan Kec. Somba Opu. Kab. Gowa.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Setelah dinyatakan pihak RS Wahidin Sudirohusodo alhamarhum wafat. Pukul 02.00 Wita, rencana Jenazah Almarhum akan dimakamkan di Pemakaman Wahda di Kecamatan Monxongloe,  Kab. Maros.

Namun warga disekitar pemakaman menolak jenazah almarhum untuk dimakamkan di pemakaman tersebut dengan mengusir paksa rombongan pengantar jenazah sehingga jenazah pulangkan kembali ke RS Wahidin Sudirohusodo dan sementara itu pihak RS. Wahidin Sudiro Husodo juga menolak Jenazah alamarhum untuk dikembalikan ke RS Wahidin Sudirohusodo.

Selanjutnya Pukul 07.00 Wita, 3 Personil Koramil 1408-11/Bky yang dipimpin Mayor Kav Salahuddin Basir tiba di RS. Wahidin Sudirohusodo Kota Makassar untuk menjemput Jenazah.

Pukul 07.15  Danramil 1408-11/Bky, Mayor Kav Salahuddin Basir  dan sejumlah personilnya tiba di RS Wahidin Sudirohusodo guna bertemu pihak RS Wahidin  Sudirohusodo dan pihak keluarga Alamarhum untuk melakukan kordinasi tempat pemakaman jenazah dan akhirnya diputuskan jenazah di makamkan  di TPU  Islam Sudiang,  Kelurahan Bakung Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Sementara itu, Dandim 1408/BS Kol. Inf Adriyanto melaksanakan koordinasi dengan Pj Walikota Makassar Iqbal Suhaib agar almarhum bisa dimakamkan di Pemakaman TPU Islam Sudiang.Akhirnya pukul 08.50 Wita, Mobil Ambulans Jenazah Nopol DD 7241 AC membawa jenazah alamarhum menuju Pemakaman TPU  Islam Sudiang Kel. Bakung Kec. Biringkanaya Kota Makassar.

Dan pukul 09.09 Wita, Jenazah tiba di Pemakaman TPU Islam Sudiang Kel. Bakung Kec. Biringkanaya Kota Makassar.

Pukul 09.15 Wita, Jenazah selesai di makamkan di TPI Pekuburan Islam Sudiang oleh pihak RS. Wahidin Sudirohusodo.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Pukul 09.45  Wita, kegiatan pemakaman jenazah telah selesai  dilakukan dengan aman.

Danramil Mayor Kav. Salahuddin  menambahkan sesuai standar protokol penanganan virus corona Covid-19, korbam posiitif corona, ketika wafat jenazahnya harus dalam kondisi terbungkus plastik.

Dan selama selama proses pemakaman jenazah positif corona di TPU Sudiang dilaporkan berjalan dengan aman dan lancar.  

Peran dan tugas Pihak kepolisian yakni dari  Polsek Biringkanaya ikut melaksanakan pengamanan untuk mengantisipasi apabila ada warga yang menolak pemakaman.

"Inti dari kegiatan pemakaman jenazah korban positif corona yang baru saja di makamkan adalah salajh satu bentuk kepedulian pihak TNI dalam upaya penanganan dan pencegahan penyebaran corona (Covid-19)", pingkasnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x