Mohon tunggu...
Imansyah Rukka
Imansyah Rukka Mohon Tunggu... Kemuliaan Hidup bukan hanya sekedar rutinitas namun bagaimana bisa mermanfaat bagi umat manusia dan alam semesta

Ketua DPD PPWI Sulsel (Persatuan Pewarta Warga Indonesia) Sulawesi Selatan -- Jurnalis Koran Sergap , (sergapreborn.id), Harian Siber (hariansiber.com).

Selanjutnya

Tutup

Keamanan

Korps Banteng Komando Trisula 1408-11/BKY Biringkanaya Komitmen Menjaga Keamananan Wilayah

10 Februari 2020   12:48 Diperbarui: 10 Februari 2020   13:21 57 1 0 Mohon Tunggu...

Biringkanaya Makassar-  Sebagai mitra TNI AD dalam lingkup Kodam XIV/Hasanuddin yang dinaungi lngsung Kodim 1408/BS Kota Makassar dan terbagi sesuai zonasi di masing-masing wilayah teritorial Koramil,  Korps Banteng Komando Trisula 1408 -11/BKY Wilayah Kecamatan Biringkanaya hadir dan terus berbenah memperbaiki organisasinya sebagai bentuk komitmennya demi kemanusiaan dan NKRI bertugas ikut serta dan turut menjaga kondusifitas keamanan di Wilayah Biringkanaya dan Tamalanrea yang dianggap rawan konflik dengan melakukan patroli rutin setiap malam sejak  (24/12/2020). 

Ketua Banteng Komando (Trisula) H. Hamsah mengatakan, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, khususnya di Kecamatan Biringkanaya dan Kecamatan Tamalanrea selalu kita mengantisipasi kejadian-kejadian yang di luar praduga itu muncul di permukaan," katanya.  

dokpri
dokpri
Karena itulah, Jajaran Banteng Komando Trisula dibawah komando Koramil 1408-11/BKY mengimbau anggotanya yang berada di wilayah kecamatan Biringkanaya dan Tamalanrea untuk terus waspada di setiap titik-titik rawan kejahatan dan tindak kriminal lainnya.   

"Kita sudah imbau kepada seluruh anggota BK khususnya Trisula di wilayah kecamatan masing- masing agar stand by terus memonitor menjaga keamanan dan memastikan kondusivitas yang nyaman setiap hari," jelasnya.                                                                      

dokpri
dokpri
Menurut Danramil.1408-11/BKY, Mayor Kav Salahuddin Basir, S.Sos dalam menjaga keamanan bukan hanya tanggung jawab Kepolisian dan TNI, tapi Mitra Banteng Komando sebagai garda depan harus lebih sigap dan tanggap terhadap situasi yang berkembang di wilayahnya masing-masing.  

"Tidak hanya waktu, tenaga dan materi kita korbankan, tapi juga nyawa yang sewaktu-waktu harus kita siapkan. Niatkan ini sabagai pengorbanan atas nama Kemanusiaan. Maka seyoganya sebagai mitra yang memiliki jiwa sosial tinggi, harus terjun dan mengamankan NKRI," pungkasnya. 

Menurut Pemimpin Patroli Banteng Kommndo (BK) Trisula 1408-11/BKY Biringkanaya, Sertu H. Abd  Rahim saat menerjunkan patroli rutin Banteng Komando secara rutin setiap malam sebagai upaya cipta kondisi bagi masyarakat di wilayah.

"Ini merupakan program rutin Banteng Komando melaksanakan kegiatan patroli rutin setiap malam mulai pukul 21.00 - 01.00" katanya dalam acara santai bersama seluruh anggota BK yang hadir sebelum patroli Sabtu malam di Warkop Trisula Koramil 1408-11/BKY. H. Rahim menyampaikan bahwa ini bentuk komitmen Banteng Komando sebagai garda terdepan dan benteng NKRI.  

dokpri
dokpri
"Setiap saat dimana dibutuhkan kami menyiapkan puluhan bahkan ratusan personel BK untuk membantu aparat kepolisian dalam menciptakan keamanan termasuk hari-hari raya besar agama menjelang Natal dan tahun baru," ucapnya.  

Disinggung tentang maraknya hujatan dan cemohan terhadap korps Banteng Komando yang sejatinya adalah mitra TNI AD yang sering melakukan patroli dan menjaga keamanan,  Syahrir  yang merupakan amggota senior BK menjelaskan, hal itu dilakukan oleh orang-orang atau kelompok yang tidak paham terhadap visi misi dan tugas serta sejarah dibentuknya Bantemg Komando sebagai mitra kodim 1408/BS.. 

dokpri
dokpri
"Mereka pasti tidak paham tentang visi misi, tugas dan tanggung jawab Banteng Komando serta sejarah dibentuknya Banteng Komando. Hal yang kami lakukan ini pada hakikatnya adalah dalam rangka menjaga negara, menjaga Indonesia," tegas Syahrir.

VIDEO PILIHAN