Mohon tunggu...
Iman Sadewa Rukka
Iman Sadewa Rukka Mohon Tunggu... Jurnalis - Dalam hidup kita, cuma satu yang kita punya, yaitu keberanian.

Jurnalis yang terus bertasbih dalam setiap nafas bahkan setiap huruf, kata dan kalimat".

Selanjutnya

Tutup

Makassar

Koramil 1408-11/BKY Bersama Satgas Hunter Covid-19 Laksanakan Swab on The Road di Sejumlah Titik

15 Agustus 2021   08:11 Diperbarui: 15 Agustus 2021   08:12 178 2 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Koramil 1408-11/BKY Bersama Satgas Hunter Covid-19 Laksanakan Swab on The Road di Sejumlah Titik
Penyekatan Swab On The Road di Pintu Masuk Perumahan Bumi Permata Sudiang, Jumat (13/08/2021). (Dok.pribadi).

Dalam rangka memperketat pelaksanaan PPKM  guna memutus mata rantai covid-19, Pemkot Makassar laksanakan Testing dengan metode Swab On The Road (OTR) di sejumlah titik pintu masuk di Kecamatan Biringkanaya sekaligus
untuk menurunkan inden Mobility dan pelaksanaan Tracing Aktif testing on the road di sejumlah titik pintu masuk di Kecamatan Biringkanaya. 

Dalam giat Swab On The Road sejumlah stake holder dari berbagai satuan ikut terlibat dalam kegiatan tersebut, yang terdiri dari :  Yon Raider 5 org, Yonkav  5 org, Yonzipur 5 org, Yonarmed 5 org,  Kesdam 2 org, Polri 7 org, Dishub 5 org, Satpol PP 5 org, Puskesmas Tamalanrea Jaya  3 org dan  Koramil 11/ Bky 3 org.

Hasil dari Testing Swab on The Road ditemukan antara lain :
Di Hari I di Pintu Gerbang masuk Perumahan Bumi Permata Sudiang ditemukan 6 orang positif dari 61 orang diperiksa. Di Hari ke 2 di depan perumahan Permata Sudiang  ditemukan 8 orang positif dari 180 orang yang diperiksa. 

Kemudian di hari 3 di pelataran GOR Sudiang ditemukan 1 orang positif dari 136 orang yang diperiksa dan secara keseluruhan ada 15 orang pengendara yang terjaring dan dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani testing swab antigen.

Danramil 11/Biringkanaya Mayor Kav Salahuddin Basir, S.Sos dalam rilisnya mengungkapkan pada hari pertama pelaksanaan Testing on The Road didapati enam pengendara terjaring dan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab antigen. Ia mengaku swab antigen dilakukan secara acak di sejumlah titik lokasi perbatasan pintu masuk.

Danramil 1408-11/BKY Mayor Kav Mayor Salahuddin Basir, S. Sos saat giat Swab On Tbe Road di titik penyekatan PPKM di Gerbang Perum BPS, Kel. Sudiang. (Dokpri)
Danramil 1408-11/BKY Mayor Kav Mayor Salahuddin Basir, S. Sos saat giat Swab On Tbe Road di titik penyekatan PPKM di Gerbang Perum BPS, Kel. Sudiang. (Dokpri)
"Data yang saya  terima di Hari 1 : 6 positif diperiksa 61 org di Hari ke dua ada 8 positif dari yang diperiksa 180 orang. Dan di Hari ke tiga ada 1 orang positif dari  136 orang pengendara yang diperiksa Testing Swab Antigen secara acak," dalam rilisnya kepada kompasiana.com Sabtu (14/8/2021) kemarin.

Danramil 11/Biringkanaya menjelaskan pelaksanaan Testing Swab on The Road dilakukan secara gabungan yakni TNI dan Polri serta Satgas Covid Hunter. Ia menegaskan dilakukan untuk memperketat pelaksanaan PPKM dan sekaligus mengidentifikasi warga yang suspek Covid-19 guna menurunkan Inden Mobility dan pelaksanaan Tracing Aktif.

"Swab on The Road ini dilakukan secara acak untuk bertujuan mengidentifikasi masyarakat yang terpapar covid 19 baik dengan gejala ataupun tanpa gejala agar dapat dilakukan tindakan isolasi," bebernya.

"Saat ada 3 titik lokasi yang disiapkan untuk penyekatan di sejumlah titik lokasi di wilayah Kecamatan Biringkanayapos perbatasan yang mana akan dilakukan tim satgas yang ada  dilaksanakan pagi dan sore," pungkasnya.

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan