Mohon tunggu...
Iman Agung Silalahi
Iman Agung Silalahi Mohon Tunggu... Pembelajar hidup sehat holistik

Selalu merasakan sebuah kebahagiaan tersendiri saat mitra kerja atau sahabat berhasil menemukan inspirasi dan keyakinan diri untuk mencapai apa yang diimpikannya. Tertarik menjadi pembelajar hidup sehat holistik sejak Februari 2021 setelah resmi menyandang status penderita diabetes tipe 2.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Menu Buka Puasa yang Tidak Biasa yapi Istimewa

26 April 2021   22:51 Diperbarui: 26 April 2021   23:30 299 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menu Buka Puasa yang Tidak Biasa yapi Istimewa
menu-buka-puasa-yang-tidak-biasa-tapi-istimewa-6086c78a4b9a4759926d8692.jpeg

Halo teman teman dan sesama diabetesi yang budiman. Salam sehat dan tetap semangat!

Kali ini saya mau menulis tentang sebuah menu puasa yang tidak biasa. Menu puasa yang tidak biasa? Iya, betul. Menu puasa yang tidak biasa bagi siapa saja, bahkan termasuk bagi seorang penderita diabetes seperti saya. Oh, ya?

Tapi apa ada menu puasa yang tidak biasa bagi seorang penderita diabetes? Bukankah dari waktu ke waktu menu makan, termasuk menu puasa, dari seorang penderita diabetes selalu itu-itu saja? Hmmm....

Saya tersenyum mendengarkan kata 'itu-itu saja'. Ya, memang benar, kalau dilihat secara sepintas maka mungkin saja ada orang yang mengatakan bahwa menu makanan dari seorang penderita diabetes seperti saya ini selalu itu-itu saja.

"Sayur lagi, sayur-sayuran lagi. Biji lagi, biji-bijian lagi. Kacang lagi, kacang-kacangan lagi. Buah lagi, buah-buahan lagi. Apa nggak bosan?"

Padahal, menu makanan harian saya, termasuk pada bulan Ramadhan ini, selalu bervariasi. Kemarin menunya begitu, hari ini menunya begini. Besok menunya yang lain lagi, pasti beda dari yang hari ini.

Yang sama dari setiap menu makanannya adalah bahwa kandungan karbohidratnya yang selalu rendah dan dengan indeks glikemik yang relatif rendah juga. Harus begitu, kandungan karbohidratnya harus rendah dan indeks glikemiknya harus rendah juga. Kalau tidak begitu, kadar glukosa darah akan naik tinggi dan berpotensi melebihi ambang batas normal.

Indeks glikemik adalah suatu nilai dari sistem penggolongan makanan yang mengandung karbohidrat. Semakin tinggi nilai indeks glikemik dari suatu bahan makanan, berarti semakin cepat karbohidrat dalam makanan tersebut diuraikan menjadi glukosa di dalam saluran pencernaan, lalu diserap masuk ke dalam aliran darah sehingga menyebabkan kenaikan kadar glukosa darah secara lebih cepat.

Kadar indeks glikemik (IG) suatu makanan dibagi dalam tiga kategori:

1. IG rendah      : 55 ke bawah.

2. IG sedang.    : 56-69.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN