Mohon tunggu...
IMAM ROKHADI
IMAM ROKHADI Mohon Tunggu... FREELANCE

MDN-63151

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Dapatkan Rumah Impianmu dengan Mudah dan Aman Sambil Rebahan bersama "SiKasep"

8 Juni 2020   15:45 Diperbarui: 8 Juni 2020   15:46 38 1 0 Mohon Tunggu...

DAPATKAN RUMAH IMPIANMU DENGAN MUDAH, AMAN ,SAMBIL REBAHAN BERSAMA "SiKasep"

Punya rencana beli rumah ??, tapi masih sibuk dengan pekerjaan dan takut keluar rumah karena Covid-19 ??, atau mau cari informasi tentang KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dengan Uang Muka Ringan, Suku Bunga Rendah Jangka Kredit Panjang, Angsuran Sangat Terjangkau, Bebas Premi Asuransi dan Bebas PPN ??

Rumah bukan hanya berfungsi sebagai tempat tinggal tapi juga sebagai media investasi jangka panjang untuk masa depan, mengingat harga rumah yang setiap tahunya terus meningkat mengalami kenaikan harga.  

Menurut sebagian besar orang tidak menumpang dirumah mertua dan memiliki rumah sendiri menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang sudah berkeluarga, mengingat harga rumah yang tidak bisa dikatakan murah, khususnya bagi mereka yang berpenghasilan rendah  memiliki rumah sendiri seperti mimpi di siang bolong dan menjadi khayalan belaka yang entah kapan akan terwujud menjadi nyata.

Selain harga yang cukup mahal serta akses untuk mendapatkan informasi mengenai KPR (Kredit Pemilikan Rumah) juga masih minim, pandemi Covid-19 juga menjadi kendala bagi mereka yang hendak melakukan transaksi KPR, karena aturan pemerintah yang memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di sebagian wilayah Indonesia.

Mengetahui masyarakat terkendala dalam akses KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dari segi informasi maupun keamanan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengembangkan Teknologi Informasi di era generasi milenial ini  melalui Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, meluncurkan Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan alias Sikasep. 

Aplikasi berbentuk mobile yang dapat diunduh secara gratis melalui Playstore untuk memecahkan masalah bagi masyarakat yang hendak melakukan transaksi KPR.

SiKasep merupakan inovasi yang dilakukan oleh Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) dalam membentuk konsep Big Data terkait dengan informasi backlog perumahan yang lebih akurat dan update serta data dan informasi terkait dengan ketersediaan rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). 

Harapan diluncurkanya aplikasi SiKasep dapat memenuhi kebutuhan para generasi milenial yang menginginkan kecepatan dan kemudahan informasi dalam memilih dan membeli rumah yang mereka minati. Diperkirakan terdapat kurang lebih 81 juta jiwa generasi milennial yang belum memiliki rumah, sedangkan dalam laporanya Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin Mengatakan, peluncuran SiKasep diharapkan membuat MBR tidak lagi menjadi objek, namun menjadi subjek penyediaan perumahan. 

Melalui SiKasep, pengguna secara online terhubung dengan pemerintah, bank pelaksana, dan pengembang dengan menggunakan sistem host to host. Sedangkan untuk proses verifikasi pengguna, SiKasep terhubung langsung ke Kementerian Dalam Negeri yang sekaligus telah terkoneksi dengan data Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang dikelola oleh BLU PPDPP sehingga subsidi dapat tepat sasaran. 

Untuk perihal keamanan, masyarakat tidak perlu khawatir karena aplikasi SiKasep sudah dijamin keamanannya dan mendapatkan sertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN