Kajian Pustaka
Strategi merupakan pendekatan komprehensif yang mencakup konsep, perencanaan, dan implementasi kegiatan dalam kurun waktu tertentu di mana strategi yang efektif dicirikan oleh koordinasi tim yang solid, kapasitas untuk mengidentifikasi faktor pendorong secara akurat berdasarkan prinsip-prinsip rasional, efisiensi substansial dalam pendanaan, dan penerapan taktik yang tepat untuk mewujudkan target. Oleh karena itu, strategi secara keseluruhan dapat dikatakan sebagai rencana yang sangat komprehensif dengan dirancang untuk mencapai tujuan organisasi.
Pemasaran adalah tentang mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial. Salah satu definisi pemasaran yang paling singkat adalah memenuhi kebutuhan secara menguntungkan (Kotler & Keller, 2016). Pemasaran juga merupakan sebuah proses manajerial yang mengakibatkan seorang atau kelompok yang berusaha mendapatkan apa yang mereka butuhkan atau inginkan, yaitu dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang mempunyai nilai kepada pihak lain (Ariyanto et al., 2023). Maka dari itu pemasaran juga sering disebut sebagai garda terdepan bagi suatu perusahaan, di mana baik dan buruknya kelangsungan dari perusahaan tergantung bagaimana cara memasarkan bisnis yang dijalankan nya.
Peranan Pemasaran
Peranan Pemasaran memberikan barang atau jasa kepada pelanggan hanyalah salah satu aspek pekerjaan pemasaran saat ini. Aspek lainnya adalah memastikan bahwa penawaran ini memuaskan pelanggan dan menghasilkan laba. Sasaran utama pemasaran adalah menarik konsumen baru dengan memberikan nilai yang luar biasa, menetapkan harga yang kompetitif, memastikan bahwa produk didistribusikan dengan mudah, menjalankan kampanye yang efisien, dan mempertahankan konsumen saat ini dengan mematuhi standar kepuasan pelanggan.
Fungsi Pemasaran
Fungsi dari pemasaran ini menurut (Sudaryono, 2016) adalah:
- Fungsi pertukaran memungkinkan pembeli untuk menukar uang dengan barang atau menukar satu produk dengan produk lain, memperoleh produk yang mereka inginkan dari produsen melalui barter. Produk-produk ini dapat digunakan oleh pembeli untuk keperluan pribadi saja. Pembeli juga memiliki pilihan untuk menjualnya kembali. Fungsi ini menekankan orang berdagang pada dasarnya untuk mendapatkan sesuatu.
- Penyimpanan dan juga transportasi merupakan kegiatan yang terlibat dalam distribusi fisik produk. Transportasi darat, transportasi laut, dan bahkan transportasi udara memindahkan produk dari produsen ke konsumen. Penyimpanan berfungsi untuk membantu menjaga kualitas produk dan memastikan pasokan yang konsisten untuk semua. Itu tetap menjadi kunci ketika permintaan sangat besar.
- Perantara pemasaran memainkan peran penting karena mereka menjembatani kegiatan pertukaran bersama dengan distribusi fisik untuk mengirimkan produk dari produsen ke konsumen akhir. Fungsi perantara meliputi manajemen risiko, pembiayaan, pengumpulan informasi, standarisasi produk, serta klasifikasi juga.
Tujuan Pemasaran
Selain itu tujuan dari pemasaran menurut Buchari Alma dalam (Reken, et al., 2024) adalah sebagai berikut:
- Menciptakan keseimbangan pasar antara pembeli dan penjual dengan memfasilitasi distribusi barang dan jasa dari daerah surplus ke daerah defisit, dari produsen ke konsumen, dan dari pemilik ke pembeli potensial.
- Tujuan utama pemasaran adalah untuk memastikan kepuasan pelanggan. Daripada hanya berfokus pada laba atau keuntungan komersial, pemasaran pada dasarnya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Fokus pada kepuasan ini memperluas kegiatan pemasaran ke berbagai organisasi produsen.