Mohon tunggu...
Ilyani Sudardjat
Ilyani Sudardjat Mohon Tunggu... Relawan - Biasa saja

"You were born with wings, why prefer to crawl through life?"......- Rumi -

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Ribetnya Pengembalian Tiket Kereta Api

10 November 2018   19:15 Diperbarui: 11 November 2018   16:33 555
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Transportasi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Wirestock

Kemarin malam kami ke Gambir mau naik kereta ke Bandung. Kirain langsung masuk peron tinggal liatin kode pesen di HP, ternyata harus di print dulu. Waduh untuk ngeprint aja mesti antri  lumayan panjang. Eh ternyata gak bisa.di print dengan alasan kadaluarsa? 

Kenapa yak, pas tanya petugas yang dengan telitinya liat tiket, ternyata tiketnya untuk jam 8 pagi! Wkkk, jadi anguslah tiket kami. Terus suami ikutan ngantri tiket yang go show atau penjualan langsung, berharap masih ada tiket malam itu. Ternyata sudah ludes.

Jadilah kami pulang lagi ke rumah malam itu dan memutuskan naik mobil aja ke Bandung. Emang kudu ke Bandung karena Sabtu paginya ada acara dies natalis, dimana suami jadi panitianya.

Setelah subuh kami berangkat, Alhamdulillah, gak sampe 4 jam nyampe deh di Bandung.

Masalahnya untuk tiket pulang besoknya, suami sudah beli juga tiket kereta Api via salah satu situs pembelian tiket online. Lah mesti dicancel donk karena udah pake mobil. itu ribetnya. Kata cs penjualan online tersebut gak bisa dibatalkan secara online. Kemudian ketika telpon csnya PT.KAI juga katanya gak bisa, tetap harus datang ke stasiun.

Jadi kalau pesen tiket gampang pake online langsung bayar, nah membatalkannya ternyata tidak bisa online. Harus datang ke stasiun.

Mana Bandung muacet yak lagi wiken. Pas sampe stasiun, kudu antri panjang banget, dapet antri no. 255. Mesti isi form, fotokopi KTP dan akhirnya urusan kelar setelah hampir 2 jam. Deuh, refund masuk sebulan kemudian, dipotong 25%.

Ada yang bilang bisa pembatalan melalui online via KAI access. Tetapi pas suami di.stasiun, ratusan yang antri itu ya karena gak bisa dibatalkan secara online, termasuk KAI.access itu?

Ini bedanya dengan tiket pesawat, yang bisa dibatalkan via online. Kalau dipotong ya mestilah karena itu resiko. Walau pihak penyedia jasa transportasi masih bisa menjual kembali tiket yang dikembalikan. Toh membatalkannya tidak mendadak.

Jadi jika pelayanan PT.KAI ingin ditingkatkan, saya harap mekanisme pengembalian tiket juga dipermudah. Sudah zamannya online, tidak perlu membakar bensin, menghabiskan waktu, energi, ketika melakukan cancel tiket. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun