Ilyani Sudardjat
Ilyani Sudardjat profesional

"You were born with wings, why prefer to crawl through life?"......- Rumi -

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Sesuatu yang Unik pada Deklarasi Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi

9 Januari 2018   17:36 Diperbarui: 10 Januari 2018   02:12 836 3 0

Sebenarnya paling males kalo buka TV lihat acara parpol. Tetapi karena saya lagi tergila gila pada silat, ndilalahnya pas buka Kompas TV acaranya mengenai Deklarasi Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi sebagai Cagub dan Cawagub Jabar, yang saat itu akan menampilkan pertunjukan silat 'Asmaul Husna'. 

Pencak silat diiringi dengan musik yang sungguh keren. Apalagi saya juga emang suka sekali dengan Asmaul Husna (mesti menyempatkan diri lihat TVRI abis azan maghrib), ditambah dengan gerak silat yang mantap, aduh saya benar benar terpesona. 

Nah setelah acara ini, jadi keterusan deh denger Dedi Mulyadi pidato. Wah mantap pidatonya. Walau biasa kali ya, kalau bakal calon wakil gubernur bikin janji janji surga, tetapi sistematika, ketenangan, dan poin yang hendak disampaikan sungguh dalem. 

Setelah lihat acara ini, perkiraan saya di pilgub Jabar ini, persaingan keras hanya antara RK dan 2DM. Ini 4 alasannya:

1. Modal tingkat popularitas dan elektabilitas keduanya cukup tinggi. Sementara 2 paslon lain belum cukup dikenal bagi warga jabar

2. Keduanya mantan pemimpin daerah yang bisa menunjukkan hasil karyanya kepada warga jabar

3. Keduanya memiliki citra yang positif di media, terutama jika bisa terakses ke tv seperti metro (nasdem), atau tv one (pemiliknya petinggi golkar) 

4. Panggung seperti debat paslon juga mestinya akan dikuasai keduanya. Apalagi jika masalah teknis dan program, RK dan 2DM ini mesti jagonya. 

Sementara untuk menjangkau warga jabar, keempat paslon mestilah mengandalkan mesin partai. Apalagi PKS, partai yang terkenal dengan militansinya, akan berupaya sekuat tenaga mengenalkan paslonnya. 

Sementara RK tentu juga punya relawan yang cukup militan. Militansi relawan ini yang justru sangat penting, karena mereka akan berjibaku di dunia medsos dan lapangan. 

Semoga yang terbaik untuk Jabar. Terutama untuk masalah lingkungan, kemiskinan, semoga bisa teratasi. 

Ya sudah gitu aja. Salam Kompasiana!