Mohon tunggu...
Ilya Ainur
Ilya Ainur Mohon Tunggu... Penyusun Aksara | SCHOOL COUNSELOR

saya ingin menulis lagi dan terus menulis sampai akhir

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Tips Jitu Menjaga Diri di Musim Hujan

5 Januari 2021   19:42 Diperbarui: 5 Januari 2021   19:44 46 3 0 Mohon Tunggu...

Saat hujan tak hanya meninggalkan kenangan. Yang terparah adalah saat hujan meninggalkan genangan. Apalagi kalo genangan itu sangat dalam dan luas bisa hingga disebut genangan banjir. Yang sering terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Hal itu terjadi karena intensitas hujan yang besar dan durasinya yang agak lama. Kemudian tidak ada lahan tanah yang mampu menyerap air hujan atau sistem perairan yang kurang baik menyebabkan air hujan tidak tertampung.

Selain hujan menyebabkan banjir juga menyebabkan bencana lain. Diantaranya longsor, luapan air sungai, pohon-pohon tua yang tumbang dan yang lainnya. Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia saat ini sedang berada pada puncak musim hujan. Termasuk di daerah kota Tasikmalaya tempat saya tinggal.

Hujan sudah seperti rutinitas yang terjadi setiap harinya. Sudah bisa dipastikan biasanya hujan turun disaat jam siang. Ya biasanya diantara jam 13.00 sampai 14.00. Terkadang juga disekitar pukul 15.00 ke atas. Biasanya intensitas hujan dari besar ke kecil. Dengan durasi yang agak lama. Tapi biasanya intensitas besar hanya terjadi pada setengah jam sampai satu jam pertama.

Ada beberapa yang perlu kita perhatikan disaat musim hujan seperti ini. Untuk tetap menjaga diri disaat musim hujan. Supaya terhindar dari sakit dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Lalu apa saja sih hal yang perlu diperhatikan itu. yuk simak beberapa tips-tips di bawah ini;

  • Selalu membawa payung kemanapun kita pergi beraktivitas. Disarankan membawa payung lipat supaya bisa muat masuk ke dalam tas kita. Hal ini bertujuan untuk mempermudah kegiatan kita. Dan supaya kita terhindar dari kehujanan yang bisa saja menyebabkan kita sakit. Dari mulai flu dan lainnya.
  • Selau menyiapkan dan membawa jas hujan bagi yang menggunakan sepeda motor ke tempat kerja atau dalam menjalankan aktivitas lainnya. Supaya terhindar dari kehujanan saat mengendarai motor. Akan tetapi jika hujan terlalu lebat apalagi disertai angin tidak disarankan untuk melanjutkan perjalanan atau mengendarai motor. Tetapi menepilah sejenak. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Hindari jalan-jalan yang terdapat genangan air yang tinggi. Selain menjaga mesin kendaraan kita dari kerusakan. Juga menghindarkan kita dari kecelakaan. Karena biasanya jika terlalu memaksakan kita akan kehilangan keseimbangan mengendarai kendaraan dan malah terjatuh atau terperosok ke dalam lubang-lubang jalan yang kita tidak ketahui karena tertutup genangan air.
  • Hindari melewati jalanan yang ada pohon-pohon besar. Apalagi saat hujan disertai angin kencang. Karena berdasarkan pengalaman beberapa kerabat terdekat. Mereka menyaksikan sendiri pohon tumbang tepat di depan mata (tapi alhamdulillah masih selamat). Biasanya pohon yang sudah berusia tua terkikis oleh air hujan dan tidak kuat menahan beban akhirnya tumbang.
  • Bawalah sendal jepit jika diperlukan. Supaya jika saat hujan sepatu kita terhindar dari rusak karena terpaksa melewati beberapa genangan yang diakibatkan oleh air hujan.
  • Simpanlan barang-barang penting, surat-surat penting di tempat tinggi. Seperti di atas lemari dan bungkuslah dengan plastik. Karena kita tidak akan pernah tahu bencana banjir akan melanda. Jadi untuk jaga-jaga bisa dilakukan tips yang satu ini ya. Tapi harapannya supaya tidak terjadi banjir di sekitar kita.
  • Mengingat saat ini kita masih berada dimasa pandemi. Disarankan untuk membawa beberapa masker cadangan saat kamu beraktivitas ya. Karena tidak semua material masker tahan air hujan. Jadi bisa saja masker yang kita pakai hujan. Jadi jika ada masker cadangan kita bisa langsung pakai deh.
  • Selalu jaga kesahatan. Makan makanan yang bergizi dan teratur. Minum vitamin dan selalu minum air putih yang banyak ya. Jangan lupa untuk selalu berolahraga juga. Mengingat kita masih berada di situasi pandemi yang kita tahu belum berakhir.

Nah itu tadi beberapa poin tips yang bisa dilakukan saat musim hujan seperti sekarang. Ohya, ada tips yang lainnya dari kalian. Yuk tulis dikolom komentar ya. Stay safe semuanya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x