Mohon tunggu...
Illa Karunia
Illa Karunia Mohon Tunggu... trying new hobby

trying new hobby

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tim Pengabdian UM Bekali Akuntansi Desa pada Guru MGMP Akuntansi Kota Malang

22 Juli 2021   22:14 Diperbarui: 22 Juli 2021   22:26 38 2 0 Mohon Tunggu...

Penulis : Slamet Fauzan

Keuangan Desa dikelola berdasarkan asas-asas transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran. Pengelolaan tersebut memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten, jujur, dan amanah. SMK Jurusan akuntansi adalah salah satu instistusi pencetak sumber daya manusia di bidang keuangan desa. Tetapi dalam kenyataannya, bapak Ibu guru akuntansi masih belum memahami akuntansi desa.

Untuk membantu pemecahan masalah tersebut, tim pengabdian Universitas Negeri Malang yang diketuai oleh Bapak Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak., CA dengan anggota Bapak Slamet Fauzan, S.Pd., M.Pd dan Bapak Rizky Firmansyah, S.E., M.S.A mengadakan pembekalan ketrampilan akuntansi desa bagi guru akuntansi di Kota Malang. Pembekalan ini diadakan secara luring di hotel atria. Pemateri dalam pembekalan akuntansi desa ini adalah Ibu Retno selaku Sekretaris Desa Selorejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang.

Dalam pelatihan ini, guru dibekali dengan materi perencanaan angaran desa, penatausahaan serta pelaporan keuangan desa. Materi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan kompetensi dasar mata pelajaran akuntansi keuangan lembaga pada sekolah menengah kejuruan. Harapanya Bapak Ibu guru akuntansi di MGMP Kota Malang meningkat kompetensi profesionalnya terkait materi akuntansi desa.

VIDEO PILIHAN