Value chain menurut david (2011;151) analisis rantai nilai mengacu pada proses dimana perusahaan menentukan biaya yang terkait dengan dengan kegiatan organisasi pembelian bahan baku hingga suatu produk manufaktur dan pada akhirnya adalah memasarkan produk -produk tersebut ke pasar-pasar.Â
kesimpulannya value chain adalah proses penghantaran produk dari input sampai hilir, dengan aktivitas- aktivitas  yang dapat dibagi-bagi dan lebih efisien dibandingkan dengan pesaingnya.
Berikut ini ialah aktivitas yang berada dalam rantai nilai perusahaan menurut porter:
1. Primary activities (aktivitas umum)
   a).imbound logistics
 Aktivitas yang berhubungan dalam penerimaan dan penyimpanan input kepada produkÂ
   b).oprationsÂ
Aktivitas yang berhubungan dengan merubah bahan baku menjadi barang jadi
  c).outbound logisticÂ
Aktivitas yang berhubungan dengan pengumpulan,penyimpanan dan pendistribusian produk secara fisik kepada konsumen.
 d).marketing and sales