Mohon tunggu...
Ilham Rasyid
Ilham Rasyid Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Berbagi informasi yang valid dan aktual untuk kita baca bersama

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Mindfulness Dalam Kehidupan Sehari-hari: Cara Menjadi Lebih Sadar dan Bahagia!

10 September 2023   18:59 Diperbarui: 10 September 2023   19:07 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar: MDI Tack

Apakah Kamu pernah merasa bahwa hidup ini seringkali terasa seperti lari maraton yang tak pernah berakhir? Banyak banget tugas, tekanan, dan perasaan yang terus berganti begitu cepat. Kita seringkali merasa terjebak dalam siklus pikiran yang tak ada habisnya, dan kita kehilangan  momen saat ini. Inilah mengapa konsep mindfulness menjadi semakin penting dalam dunia yang penuh dengan distraksi. Pasti pernah kan? sama kok, aku juga pernah ngerasain itu. Jadi tanpa banyak basa-basi lagi, yuk kita bahas lebih dalam apa itu mindfulness dan bagaimana kita bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari untuk menjadi lebih sadar dan bahagia.

Apa Itu Mindfulness?

Mindfulness adalah suatu kondisi di mana seseorang fokus sepenuhnya pada momen saat ini tanpa menghakimi atau menganalisisnya. Ini adalah keadaan kesadaran yang mendalam yang memungkinkan kita untuk merasakan setiap pengalaman, emosi, dan sensasi dengan lebih intens dan tanpa peduli penilaian orang lain. Mindfulness dapat diamati dalam tindakan sederhana sehari-hari seperti bernapas, makan, atau berjalan.

Mengapa Mindfulness Penting dalam Kehidupan Sehari-Hari?

Mengurangi Stres

Mindfulness dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Dengan berfokus pada momen sekarang, kita bisa menghindari rasa khawatir tentang masa depan atau penyesalan tentang masa lalu.

Meningkatkan Kesejahteraan Mental

Praktik mindfulness secara teratur dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mental. Ini telah terbukti mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas

Mindfulness memperkuat kemampuan konsentrasi kita. Dengan lebih sadar terhadap tugas yang ada, kita dapat bekerja lebih efisien dan produktif.

Meningkatkan Hubungan Sosial

Ketika kita lebih sadar terhadap perasaan dan reaksi kita, kita dapat berkomunikasi dengan lebih baik dan merespons konflik dengan bijaksana.

Membantu Mengatasi Kegelisahan

Mindfulness dapat membantu mengatasi kegelisahan dan perasaan gelisah yang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Menjadi Lebih Sadar dan Bahagia dalam Kehidupan Sehari-Hari:

Meditasi Harian

Jadwalkan waktu setiap hari untuk meditasi. Cobalah duduk dengan nyaman, fokus pada pernapasan kamu, dan biarkan pikiranmu mengalir tanpa menghakimi. Ini bisa menjadi meditasi singkat selama 5-10 menit atau lebih panjang jika kamu merasa nyaman. 

Perhatikan Bernapas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun