Mohon tunggu...
Ilham Nur Ichsan
Ilham Nur Ichsan Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Pendidikan Indonesia

Solitude is a bliss

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Pelaksanaan KKN Tematik UPI 2022: Menuju Ciumbuleuit sebagai Kelurahan Ramah Perempuan

10 Agustus 2022   01:45 Diperbarui: 10 Agustus 2022   01:46 255 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Anggota Kelompok 35 KKN Tematik UPI 2022. dokpri

Sesuai dengan kalender akademik terbaru, Universitas Pendidikan Indonesia kembali mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik pada Juli—Agustus 2022. Dalam pelaksanaan KKN Tematik kali ini, UPI mengusung tema SDGs (Sustainable Development Goals) Desa. Implementasi SDGs dengan berorientasi kepada masyarakat, bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup ditinjau dari beberapa aspek.

Salah satu poin penting dari SDGs ini adalah upaya mewujudkan Desa Ramah Perempuan. Poin ini juga menjadi subtema dalam kegiatan KKN Tematik UPI oleh Kelompok 35 di Kelurahan Ciumbuleuit, Kota Bandung. Pelaksanaan KKN Tematik UPI oleh Kelompok 35 ini mendapat dukungan serta sambutan yang baik dari pihak Kelurahan Ciumbuleuit, baik dari segi perangkat pemerintahan setempat maupun warga. Sejak mengawali kegiatan, pihak Kelurahan Ciumbuleuit sangat mendukung digagasnya Ciumbuleuit sebagai Kelurahan ramah perempuan.

Sebelum melaksanakan kegiatan utama, Kelompok 35 telah berkoordinasi dengan beberapa pihak, yakni RW 04 dan 11 sebagai mitra dan lokasi pelaksanaan kegiatan. Para mahasiswa yang tergabung di dalamnya juga melakukan beberapa persiapan yang matang seperti perizinan, pembenahan lokasi, hingga survey atau pendataan secara langsung pada masyarakat. Persiapan tersebut dilakukan sebagai langkah prapelaksanaan sosialisasi yang sudah dicanangkan.

Koordinasi dengan Pihak Kelurahan Ciumbuleuit. dokpri
Koordinasi dengan Pihak Kelurahan Ciumbuleuit. dokpri

Survey PUS dan WUS di RW 04 Kelurahan Ciumbuleuit. dokpri
Survey PUS dan WUS di RW 04 Kelurahan Ciumbuleuit. dokpri

Berkenaan dengan sosialisasi, Kelompok 35 menggagas beberapa poin yang potensial untuk dijadikan materi bagi masyarakat. Dengan didampingi oleh ahli yang bergerak dalam bidangnya, Kelompok 35 telah sukses mengadakan sosialisasi mengenai pendidikan pranikah serta penyuluhan alat kontrasepsi. Kegiatan sosialisasi ini telah sukses dilaksanakan pada Rabu, 3 Agustus 2022, dan menargetkan PUS (Pasangan Usia Subur) serta WUS (Wanita Usia Subur) di lingkungan RW 04.

Kamis, 4 Agustus 2022 juga menjadi tanggal pelaksanaan sosialisasi dengan materi upaya pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan, serta pentingnya menjaga kesetaraan gender. Adapun kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan RW 11, bersamaan dengan program Rumah Kreasi Puan, yakni sebuah program pendampingan yang mengajak perempuan serta anak perempuan untuk berkreasi dari sampah rumah tangga. Khusus untuk program ini, dilakukan secara berjangka terhitung mulai 4 hingga 6 Agustus 2022.

Pamflet Kegiatan Pencegahan Segala Bentuk Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak Perempuan. dokpri
Pamflet Kegiatan Pencegahan Segala Bentuk Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak Perempuan. dokpri
Pamflet Program Rumah Kreasi Puan. dokpri
Pamflet Program Rumah Kreasi Puan. dokpri

Poster Persuasif mengenai Pentingnya Menjaga Kesetaraan Gender di Lingkungan Kelurahan Ciumbuleuit. dokpri
Poster Persuasif mengenai Pentingnya Menjaga Kesetaraan Gender di Lingkungan Kelurahan Ciumbuleuit. dokpri

Antusiasme terlihat dari banyaknya warga yang hadir pada pelaksanaan beberapa sosialisasi gagasan Kelompok 35 ini. Para warga yang menjadi audiens juga secara interaktif telah meramaikan kegiatan sosialisasi ini dengan cara mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, bahkan berkonsultasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan