Mohon tunggu...
kholil rokhman
kholil rokhman Mohon Tunggu... IG di kholil.kutipan

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Atletik Artikel Utama

Berapa Kecepatan Maksimal Manusia di Lari 100 Meter?

30 Maret 2020   13:37 Diperbarui: 30 Maret 2020   21:54 780 15 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berapa Kecepatan Maksimal Manusia di Lari 100 Meter?
Ilustrasi sumber foto rio2016 via kompas.com

Lari 100 meter tentu membutuhkan waktu karena menempuh jarak dari start ke finish. Lalu, berapa sebenarnya kecepatan maksimal manusia untuk lari 100 meter? Robbie Gonzalez pernah membahas hal itu di www.wired.com pada tahun 2018 lalu.

Sebelumnya, saya akan tuliskan dulu sedikit catatan lari 100 meter putra. Kenapa putra? Karena sampai saat pelari putra 100 meter lebih cepat dari pelari putri 100 meter. Wikipedia seperti mengutip buku The 1896 Olympic Games karya Bill Mallon dan Ture Widlund menjelaskan lari 100 meter putra. 

Thomas Burke dari Amerika Serikat mampu menyabet medali emas lari 100 meter putra Olimpiade 1896. Kecepatan Burke ketika mendapatkan emas adalah 12 detik. 

Saat olimpiade pertama itu, posisi start masing-masing pelari berbeda. Ada yang berdiri dan ada yang jongkok. Burke adalah pelari yang berstart jongkok dan dianggap aneh saat itu.

Hanya saja, di masa olimpiade pertama itu fasilitasnya tak seperti zaman modern. Lintasan larinya mungkin hanya tanah. Jika tanah, ada kemungkinan datarannya tidak terlalu rata. Selain itu, tidak ada alat penolak awal pelari di posisi start. 

Kini zaman sudah berubah. Setahu saya, saat ini lari di lintasan dari bahan sintetis.  Di zaman ini, ilmu tentang olahraga makin maju sehingga atlet bisa mendapatkan asupan gizi lebih baik, alat latihan lebih baik. 

Jika Burke lari 100 meter dengan kecepatan 12 detik, maka kini pun jauh berubah. Perbandingan saja, Burke mencatat 12 detik dalam lari 100 meter ketika usianya 21 tahun. Sementara di tahun 2020 ini, Trayvon Bromwell yang berusia 18 tahun mampu berlari 100 meter dengan kecepatan 9,97 detik.

Jika dibandingkan dengan rekor dunia saat ini, Burke makin kalah. Rekor dunia lari 100 meter kini dipegang Usain Bolt dari Jamaika. Bolt berlari 100 meter dengan kecepatan 9,58 detik yang dia torehkan pada Agustus 2009 di Berlin, Jerman. Sampai kini rekor Bolt belum dipecahkan oleh pelari lain. 

Artinya, rekor Bolt sudah hampir 11 tahun. Beberapa pernyataan pernah diungkapkan beberapa pihak bahwa capaian Bolt sulit dipecahkan. Artinya, capaian Bolt adalah capaian sangat cepat untuk lari 100 meter. 

Nah, Robbie Gonzalez menulis soal potensi tercepat manusia dalam lari 100 meter. Robbie mewawancarai ahli biomekanis Peter Weyand. Saat tulisan dipublikasikan di www.wired.com, Weyan menjabat Direktur Laboratorium Kinerja Lokomotor di Southern Methodist University Dallas, AS.

Bagi Weyan, tolakan pertama pelari 100 meter adalah hal penting. Pijakan awal itu seperti tolakan untuk memacu permulaan lari. Dia juga mengatakan kuatnya dan cepatnya pijakan ke tanah akan membuat pelari bisa memaksimalkan potensinya di lari 100 meter. Kemudian Robbie berseloroh bertanya pada Weyan, apakah bisa manusia berlari 100 meter dengan kecepatan hanya 9 detik?

Weyan mengatakan, untuk bisa 9 detik, maka kecepatan kaki ketika menginjak tanah adalah tujuh per seratus detik. Maka, pelari itu akan berlari 13,5 meter dalam satu detik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN