Muda

Forum Komunitas dan Pertanian Indonesia

11 Oktober 2017   05:42 Diperbarui: 11 Oktober 2017   05:56 479 0 0
Forum Komunitas dan Pertanian Indonesia
agroteknologi.web.id


Forum Dan Komunitas Pertanian Indonesia Kondisi pertanian di Indonesia, kini terasa cukup memprihatinkan. Di  mana Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris (negara yang maju  pertaniannya), sekarang malah mengimpor makanan pokoknya dari negara  lain. Padahal sebenarnya rakyat dan bumi kita yang tercinta ini masih  dapat memenuhi kebutuhan beras untuk makan kita sehari-hari. Bukan hanya  beras tetapi hasil pertanian lain pun mengalami nasib yang demikian.  Mengapa hal tersebut dapat terjadi?


Indonesia adalah  negara produsen beras ketiga dunia setelah China dan India. Kontribusi  Indonesia terhadap produksi beras dunia kira-kira sebesar 8,5% (51 juta  ton). Produksi beras Indonesia yang begitu tinggi tersebut belum bisa  mencukupi kebutuhan penduduknya. Dilihat dari semua aspek, kondisi  Indonesia sendiri masih banyak kekurangan. Kekurangan tersebut bukan  semata berasal dari pemerintahannya saja tetapi penduduknya juga.



Faktor-faktor  yang menyebabkan pemerintah Indonesia harus mengimpor beras dan hasi  pertanian lainnya diantaranya yaitu akibat meningkatnya jumlah penduduk  yang tidak terkendali,meskipun sudah ada program Keluarga Berencana dari  pemerintah,namun tetap saja kenaikan jumlah penduduk ini cukup tinggi.  Dengan banyaknya penduduk, maka makanan pokok yang dibutuhkan juga  begitu banyak, sehingga hasil pertanian dalam negeri tidak mencukupi  untuk memenuhi kebutuhan penduduknya.


Selain itu faktor  cuaca juga menentukan seberapa banyak hasil panen dalam bertani. Cuaca  yang tidak menentu, seperti pergeseran musim hujan dan musim kemarau  menyebabkan petani kesulitan dalam menetapkan waktu yang tepat untuk  mengawali masa tanam, dengan benih beserta pupuk yang digunakan sehingga  tanaman yang ditanam mengalami pertumbuhan yang tidak wajar dan  mengakibatkan gagal panen.


Peristiwa ini sering terjadi  di hampir setiap daerah di Indonesia dan membuat petani yang miskin  semakin miskin karena kegagalan panen tersebut. Diharapkan pemerintah  juga memperhatikan nasib para petani yang sama memprihatinkannya dengan  kondisi pertaniannya. Semestinya adanya penyuluhan dan pembekalan  pengetahuan tentang pertanian kepada petani itu perlu dilakukan. Seperti  bagaimana cara bertanam yang bersahabat dengan alam dan menggunakan  teknologi sehingga bertani memberikan banyak keuntungan dibandingkan  dengan kerugiannya, namun teknologinya pun yang tidak membahayakan alam.


Dan  itu berlaku untuk kita semuanya, yaitu mengambil keuntungan tanpa  merusak alam. Sehingga adanya keserasian dan keseimbangan alam pun  terjaga, dan kita bisa hidup sejahtera. Dan juga memberikan jaminan  hidup petani, dimana petani dapat memelihara alat pertaniannya dan dalam  bertani pun dapat dilakukan denngan lancar.


Masih ada  beberapa faktor lagi yang membuat Indonesia harus mengimpor beberapa  hasil pertanian utamanya beras, seperti lahan pertanian yang semakin  sempit. Kemajuan teknologi dan merabaknya industri di Indonesia membuat  pertanian yang menggunakan metode sederhana ini semakin memudar  keberadaanya.


Persawahan yang membentang luas di tiap  daerah kini mulai terkikis tergantikan pabrik-pabrik yang mungkin kurang  bersahabat dengan alam. Semestinya adanya pembatasan pendirian industri  sehingga laju perkembangan industri dan pertanian berjalan dengan  seimbang. Sehingga penggunaan barang industri dan hasil pertanian cukup  untuk memakmurkan rakyat.


Maka dari itu, dalam artikel  kali ini sangat ditekankan akan pentingnya penggunaan teknologi serta  peningkatan ilmu pertanian terhadap setiap individu petani, sehingga  harapan kedepannya dapat diterapkan dilapangan untuk kualitas hasil  pertanian yang maksimal serta kuantitas yang memuaskan.


Dalam  hal ini sangat diperlukan sebuah forum pertanian yang membahas berbagai  masalah yang dihadapi oleh para petani saat ini serta pemecahan  solusinya bagaimana.


Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia - Agroteknologi.web.id



Adalah sebuah forum pertanian  Indonesia berbasis website yang menyajikan berbagai informasi yang  membahas seputar ilmu bercocok tanam dengan baik dan benar, tips  mengelola tanah agar menghasilkan keuntungan, ilmu mengenai Manfaat dan Kandungan dari suatu tumbuhan, maupun ilmu seputar merawat Ternak Hewan  dengan baik dan benar, serta mengelola kotoran hewan untuk dijadikan  sebagai pupuk, dan tentunya masih banyak ilmu mengenai pertanian yang  lainnya yang ada di forum dan komunitas Agroteknologi.web.id





Pengetahuan Apa Saja Yang Akan Didapat Jika Bergabung Dengan Forum Dan Komunitas Pertanian Indonesia -- Agroteknologi.web.id ?

  • Pengetahuan Mengenai Tanah
  • Budidaya Tanaman
  • Informasi Mengenai Hama & Penyakit
  • Informasi Teknologi Pertanian Terkini
  • Forum Diskusi

Untuk bergabung menjadi anggota dari Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia -- Agroteknologi.web.id sangatlah mudah, kita hanya cukup membuka website Agroteknologi.web.id di agroteknologi.web.id atau klik link berikut ini :


Pendaftaran Anggota Agroteknologi.web.id



Kemudian  isi data diri Nama dan E-mail, selanjutnhya verifikasi untuk  mengaktifkan akun, mudah bukan?. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan  segera diri anda menjadi anggota di Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia -- Agroteknologi.web.id  , Tambah pengetahuan anda akan ilmu pertanian dan budidaya dengan baik  dan benar bersama Agroteknologi.web.id agar dapat menciptakan peluang  usaha sendiri dan menjadi petani Indonesia yang sukses.



Tag : Forum, Forum Pertanian , Forum dan Pertanian Indonesia, Agroteknologi.web.id