Mohon tunggu...
Ikrom Zain
Ikrom Zain Mohon Tunggu... Content writer - Teacher

Hanya seorang pribadi yang suka menulis | Tulisan lain bisa dibaca di www.ikromzain.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Konflik dengan Kepala Sekolah dan Beberapa Alasan Guru Datang Terlambat ke Sekolah

7 Juli 2020   08:47 Diperbarui: 7 Juli 2020   08:55 727 13 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Konflik dengan Kepala Sekolah dan Beberapa Alasan Guru Datang Terlambat ke Sekolah
Sebelum bel berbunyi guru hendaknya sudah tiba di sekolah. - Dokpri

Tepat waktu datang ke sekolah menjadi salah satu hal yang harus dilakukan oleh seorang guru.

Tidak saja memberi contoh yang baik kepada siswa, dengan datang ke sekolah tepat waktu juga merupakan sebuah integritas bagi seorang guru. Disipilin datang ke sekolah juga membuat hak siswa yang harus dilayani bisa berjalan dengan maksimal.

Namun, tidak semua guru bisa datang ke sekolah tepat waktu. Ada saja guru yang datang terlambat bahkan hingga jam pelajaran pertama selesai. Tentu, siswa akan dirugikan karena sebelum jam pelajaran pertama biasanya ada banyak kegiatan yang dilakukan dan butuh bimbingan seorang guru. Apalagi jika sampai terlambat satu jam pelajaran, maka berapa menit waktu belajar yang hilang.

Saat masih mengajar di sekolah dulu, saya memang cukup mepet jika datang ke sekolah. Ini tak lepas dari kegiatan memfotokopi -- entah soal atau dokumen lain- yang baru rampung beberapa menit sebelum bel berbunyi. Praktis, saya tergesa untuk datang ke sekolah. Untunglah rumah saya dekat. Jadi, hampir tidak pernah saya datang terlambat.

Namun, beberapa guru ternyata datang terlambat. Dan bisa dikatakan, guru yang datang terlambat ya itu-itu saja. Jika ada sedikit briefing sebelum jam pelajaran berlangsung, guru tersebut pun akhirnya ketinggalan informasi. Misalkan, saat ada pengumuman bahwa esok harinya siswa memakai seragam pramuka, maka guru tersebut tidak akan menyampaikan infromasi ini kepada siswanya. Akhirnya, kehebohan antar wali murid yang berbeda kelas pun kerap muncul.

Mengapa para guru bisa terlambat datang ke sekolah? Setidaknya ada beberapa alasan yang membuat mereka terlambat.

Pertama, rumah mereka jauh dari sekolah. Ini alasan utama dan seringkali terjadi. Biasanya, para guru yang rumahnya di kabupaten dan mengajar di kota mengalami hal ini. 

Terlebih, jika jarak rumah mereka lebih dari 10 km. Macet menjadi kendala untuk bisa datang ke sekolah tepat waktu. Jam-jam antara pukul 6 pagi hingga setengah 7 pagi adalah jam-jam macet yang membutuhkan waktu lama untuk datang ke sekolah.

Meski demikian, jarak rumah yang jauh juga bukan sebagai alasan bagi guru untuk tidak bisa datang tepat waktu. Saya sering bertemu seorang guru PNS dari sekolah lain di tempat fotokopi dekat sekolah. Beliau memiliki rumah di daerah Lawang (perbatasan Malang dan Pasuruan) dan harus mengajar di sekitar Kauman, Kota Malang.

Kalau dihitung jarak, lebih dari 15 km harus ia tempuh. Tetapi, beliau sudah siap dengan aneka fotokopi jauh lebih dulu dari saya yang notabene rumahnya jauh lebih dekat. Beliau memang berprinsip untuk segera berangkat karena tak ingin terjebak macet. Pukul 5 lebih beliau sudah berangkat dari rumah.

Kedua, banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Entah memasak, menyapu, dan lain sebagainya. Walau kegiatan ini baik, tetapi sebenarnya sang guru bisa memperkirakan seberapa lama mereka melakukannya. Jangan sampai keasyikan mengerjakan tugas di rumah akhirnya terlambat datang ke sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN