Pada Senin, 28 April 2025
Mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) melaksanakan kegiatan Bakti Akademisi di SD Pancasila dengan menghadirkan media pembelajaran inovatif bernama "Box Prisma Penyebaran Flora dan Fauna di Indonesia." Kegiatan ini merupakan wujud kontribusi mahasiswa dalam pengembangan pendidikan dasar melalui pembuatan dan sosialisasi media pembelajaran konkret yang interaktif dan kontekstual.
Kegiatan yang berlangsung pada hari Senin ini diawali dengan sambutan hangat dari Kepala Sekolah SD Pancasila, Ibu Sumiyarsih, S.Pd., yang menyampaikan apresiasi atas kehadiran mahasiswa dan kontribusinya dalam dunia pendidikan. "Kami sangat mendukung kegiatan semacam ini karena bermanfaat bagi siswa," ujarnya.
Media Belajar yang Menarik dan Interaktif
Media "Box Prisma Penyebaran Flora dan Fauna di Indonesia" merupakan media pembelajaran konkret berbentuk prisma segienam tiga dimensi yang menampilkan informasi tentang persebaran flora dan fauna di berbagai wilayah Indonesia. Setiap sisi prisma menampilkan gambar gambar flora dan fauna yang tersebar di setiap wilayah di indonesia berdasarkan persebarannya oleh garis wallace dan weber yang membagi wilayah indonesia menjadi tiga bagian, asiatis, peralihan, dan australis. media ini dilengkapi oleh flashcard yang menampilkan informasi mengenai hewan dan tumbuhan indonesia yang gambarnya tertera pada box prisma serta terdapat penjelasan terkait nama ilmiah dari flora dan fauna tersebut.Â
Melalui media ini, peserta didik diajak untuk menjadi detektif untuk mencari tahu apa saja pesersebaran hewan dan tumbuhan sesuai daerahnya, dan termasuk flora dan fauna wilayah apakah hewan dan tumbuhan tersebut. Media ini dirancang untuk mendukung pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas V SD Fase C yang mengkaji terkait Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia. Â
Sosialisasi dan Simulasi Penggunaan
Setelah memperkenalkan media, mahasiswa melaksanakan sosialisasi dan simulasi penggunaan "Box Prisma" secara langsung di dalam kelas. Siswa tampak antusias mengikuti arahan dan mencoba memutar prisma untuk mencari informasi yang diminta oleh guru. Dalam sesi tanya jawab, siswa juga aktif menjawab pertanyaan berdasarkan informasi yang terdapat pada media.Â
Mahasiswa juga memberikan lembar aktivitas (worksheet) yang mendukung penggunaan media agar siswa dapat mencatat dan mengaitkan informasi yang mereka temukan. Guru kelas turut dilibatkan dalam sosialisasi agar dapat menggunakan media ini dalam kegiatan belajar selanjutnya.
Kegiatan Bakti Akademisi ini diakhiri dengan serah terima media pembelajaran kepada pihak sekolah. Kepala sekolah berharap kerja sama serupa dapat terus berlanjut ke depannya sebagai bagian dari sinergi antara perguruan tinggi dan sekolah dalam menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna.