Metode pembelajaran merupakan salah satu metode pembelajaran dimana anak tersebut bisa mencapai kompetensi tertentu dan juga sebagai alat bantu untuk mengenal tema-tema sebagai bahan ajaran atau yang sering disebut dengan kurikulum untuk anak usia dini. Metode dari pembelajaran ini sangat membantu dalam kegiatan belajar sekaligus bermain. Semakin banyak alat indra yang terlibat dalam proses belajar maka semakin besar kemungkinan anak paham pada materi yang disampaikan oleh pengajar atau guru.
Adanya informasi di dalam metode pembelajaran anak usia dini ini, anak tersebut bisa memperbaiki di saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan meningkatkan pelayanan terhadap anak sehingga anak bisa mempunyai sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang berkembang secara optimal. Dan yang terakhir yaitu dengan cara memberikan informasi orang tua agar bisa melaksanakan pengasuhan di dalam lingkungan keluarga yang benar dan terpadu dengan proses pembelajaran pendidikan anak usia dini. Adapun beberapa metode pembelajaran yang bisa diterapkan kepada anak usia dini itu dapat digolongkan menjadi 3 antara lain : melalui bermain, cerita, dan visual.Â
Metode pembelajaran pendidikan anak usia dini melalui bermain
Metode pembelajaran pada anak usia dini melalui bermain yaitu pembelajaran yang bisa menerapkan wahana permainan tertentu sebagai wahana pembelajaran bagi anak usia dini. Manfaat yang dapat diambil dari metode pembelajaran melalui bermain salah satunya yaitu untuk perkembangan kecerdasan anak, biasanya ini berhubungan dengan kamampuan imajinasi pada anak
Metode pembelajaran pendidikan anak usia dini melalui bercerita
metode pembelajaran pada anak usia dini melalui bercerita yaitu pembelajaran yang menggunakan teknik atau cara dari si pengajar yaitu dapat diterapkan dengan cara bercerita, yaitu tentang suatu legenda, dongeng, mitos, atau suatu kisah yang didalamnya terselipkan pesan-pesan moral atau intelektual tertentu. Hal ini dapat berguna ketika anak tersebut dapat menemukan masalah dengan cara bercerita dimana dengan cara tersebut yang hampir sama dengan kisah atau dongeng yang pernah diceritakan oleh si pengajar sebelumnya.
Metode pembelajaran anak usia dini melalui visualÂ
Visual artinya ialah dapat dilihat dengan indra penglihatan. Media yang mengutamakan indra penglihatan seperti buku, majalah, dll. Bagi anak usia dini media ini juga dapat berarti buku. Buku cerita, buku ensiklopedia, dan buku bergambar, dll. Pengenalan buku bagi anak usia dini sangat penting, namun juga harus disesuaikan dengan usia anak.
Berdasarkan penjelasan diatas, tim KKN-T Kelompok 7 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo tertarik untuk membuat media pembelajaran kreatif untuk siswa siswi. KKN-T Kelompok 7 Â membuat 3 Media Pembelajaran diantaranya yaitu botol angka pintar, papan flannel penghubung dan stik huruf. KKN-T Kelompok 7 membuat media pembelajaran dari bahan-bahan yang sederhana dan mudah diperoleh diantaranya yaitu kardus bekas, botol bekal, stik es krim, kertas kado, kain flannel, kertas lipat, dan benang.
Tujuan pembuatan Media Pembelajaran ini adalah agar Siswa siswi TK Bustanul Athfal III Candi lebih cepat dan mudah dalam mengenal angka dan huruf. Selain itu dengan adanya media pembelajaran yang dibuat oleh KKN-T kelompok 7 ini diharapkan dapat membuat siswa-siswi TK Bustanul Athfal III Candi semangat dan tidak mudah bosan dalam kegiatan pembelajaran.