Mohon tunggu...
Kuliner Pilihan

Nuggetas, Inovasi Produk Sayuran Desa Getas

25 Agustus 2018   16:15 Diperbarui: 25 Agustus 2018   16:35 718 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nuggetas, Inovasi Produk Sayuran Desa Getas
Foto Kegiatan. [Pribadi]

 

Temanggung - Tim II KKN UNDIP tahun 2018 Desa Getas Kecamatan Kaloran berhasil  membuat suatu  produk olahan dari sayur mayur yaitu berupa produk nugget sayur (27/7). Pembuatan produk ini memiliki tujuan agar penduduk desa getas memiliki alternatif inovasi pada pengolahan komoditas sayur-sayuran yang nantinya bisa dikembangkan menjadi suatu produk yang miemiliki nilai jual yang cukup tinggi sehingga  akan menggerakkan ekonomi di masyarakat Desa Getas. 

Latar belakang dari diadakannya  kegiatan ini adalah karena minimnya inovasi dari pengolahan sayur-sayuran oleh masyarakat yang ada di Desa Getas.  Rata-rata sayur-sayuran tersebut dikonsumsi secara pribadi.

Bentuk kegiatan dari pembuatan nugget sayur ini adalah diawali dengan penyusunan rencana kegiatan. Penyusunan ini meliputi aspek penyusunan rencana biaya yang akan dikeluarkan, di antaranya adalah biaya produksi nugget dan biaya untuk bahan baku pengolahan dari nugget itu sendiri. 

Kemudian penyusunan rencana kegiatan sosialisasi yang akan dilaksanakan meliputi tempat dan waktu pelaksanaan serta alat peraga yang digunakan. Setelah proses perencanaan, dilanjutkan dengan proses pengolahan nugget. Di mana pengolahan ini menggunakan bahan baku daging ayam yang sudah digiling ditambah dengan komponen sayur mayur berupa wortel dan tepung roti agar memperbagus tekstur sehingga cukup renyah.

Kegiatan setelah pengolahan produk adalah sosialisasi kepada masyarakat sekitar mengenai produk nugget sayur ini. Sosialisasi mengenai produk nugget sayur ini digunakan dengan menggunakan booklet sebagai media cetak serta ibu-ibu PKK Desa Getas sebagai sasaran dalam kegiatan ini. 

Antusiasme terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan oleh ibu-ibu PKK kepada Mahasiswa KKN UNDIP TIM 2 tahun 2018. Kegiatan ini diakhiri oleh Pemberian label Merk pada produk nugget sayur ini dengan nama "NUGGETAS". sOleh karena itu harapan dari terlaksananya kegiatan ini  adalah dengan produk ini dapat menambah referensi pengolahan sayur mayur yang ada di masyarakat Desa Getas.  

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x