Mohon tunggu...
Ika Septi
Ika Septi Mohon Tunggu... Lainnya

penyuka musik, buku, film dan kerajinan tangan.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Jangan Takut Memelihara Kucing Hitam!

24 Maret 2021   22:35 Diperbarui: 2 April 2021   13:16 335 44 21 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Takut Memelihara Kucing Hitam!
Ilustrasi kucing hitam. (SHUTTERSTOCK/GIEDRIIUS via kompas.com)

Sudah lama saya tidak melihat Mister Baron sliweran di depan rumah. Entah apa yang terjadi dengannya, apakah ia meninggoy, sakit, kasamaran, atau diusir secara diam-diam oleh teman se-genknya. 

Walaupun terlihat seram namun kucing cemani berbulu hitam itu sesungguhnya sangat manis. Tak ada sedikit pun aura mistis yang menguar dari dirinya seperti yang dibicarakan banyak orang selama ini.

Ya, kucing hitam memang lekat dengan hal-hal berbau mistis, takhayul, dan ilmu hitam. Dalam Mitologi Yunani, Hera, istri Zeus yang selalu digambarkan berupa dua mata di awang-awang dalam film Hercules-nya Kevin Sorbo itu telah men-simsalabim Galinthias menjadi kucing hitam karena mengganggu rencana Hera menghalangi kelahiran Hercules. Galinthias akhirnya menjadi pelayan sang dewi sihir, Hekate.

Mitologi Nordik berkisah, Freyja yang merupakan dewi kecantikan, cinta, kesuburan, perang, dan kematian ini mengendarai kereta yang ditarik oleh kucing ajaib. Freyja adalah dewi yang juga mempraktikan sihir.

Pada abad pertengahan, otoritas di Eropa kerap mengadili oknum ajaran sesat yang berkaitan erat dengan ilmu sihir. Faktanya, para penyihir ini memiliki kucing sebagai hewan peliharaan yang dapat menerima perintah tuannya. 

Bahkan ada yang percaya bahwa kucing tersebut jelmaan dari penyihir. Nah, dari beberapa kisah itulah sebab-musabab kucing hitam kerap dihubungkan dengan sihir.

Mister Baron. Dokumen Pribadi
Mister Baron. Dokumen Pribadi

Lha terus kenapa sih harus kocheng eh kucing? Sebenarnya sih gak hanya kucing yang menjadi sahabat penyihir namun bisa saja binatang lain seperti katak ataupun tikus namun kucing dan anjing adalah dua hewan peliharaan yang paling umum. 

Kucing memiliki sifat nokturnal dan mandiri, hal inilah yang membuat kucing sering dikaitkan dengan kejahatan. Lagi pula kucing akan nampak lebih keren dan greget ketika ada di samping seorang penyihir dari pada katak, tikus, apalagi ayam. Petok ... petok ... petok!

Beberapa takhayul kucing hitam pun bergaung di mana-mana. Cerita rakyat Eropa mengklaim, bila ada kucing hitam melintas saat bulan purnama tandanya akan banyak kematian karena epidemi.

Nenek sihir dan kucing hitamnya. Ilustrasi : thevintagenews
Nenek sihir dan kucing hitamnya. Ilustrasi : thevintagenews

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x