Mohon tunggu...
Ika Septi
Ika Septi Mohon Tunggu... Lainnya

penyuka musik, buku, film dan kerajinan tangan.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Menu Berbuka Puasa: Sop Buah dan Gado-gado

27 Juni 2016   07:17 Diperbarui: 27 Juni 2016   08:52 50 2 1 Mohon Tunggu...

Sop buah mungkin adalah pilihan yang pas untuk berbuka puasa, karena selain bercitarasa manis, di dalam satu gelas sop buah terdapat berbagai macam buah buahan yang sangat berguna bagi kesehatan. Sop buah saya kali ini terdiri dari potongan buah naga merah yang mengandung protein, serat, karotin, kalsium, zat besi, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan vitamin C. Selain itu terdapat pula potongan buah apel merah, pear, anggur merah dan mangga harum manis. Sedangkan susu yang di gunakan adalah susu murni yang di perah dari sapi sapi pangalengan. Sebagai pemanis nya, saya menggunakan sirup Tjampolay rasa pisang susu.

Untuk menu hidangan utama, saya memilih gado gado. Gado gado adalah sebutan untuk makanan yang terdiri dari berbagai macam rebusan sayuran, telur rebus, kentang, tempe atau tahu, lalu di siram dengan saus kacang yang legit. Biasanya di makan dengan beberapa potong lontong serta kerupuk. Asal usul dari gado gado sendiri sebenarnya masih semrawut, namun umumnya orang menganggap bahwa gado gado itu berasal dari Betawi. Saus kacang untuk gado gado ada dua versi, di ulek dan di masak. Untuk kali ini, saya mengolah gado gado yang saus nya di masak dahulu karena saya mempunyai sisa santan kental.

Gado gado saya terdiri dari, lontong, kentang, telur, tauge, wortel, buncis, mentimun, dan selada bokor. Sedangkan bumbu untuk saus kacang nya adalah cabai merah besar dan bawang putih yang direbus dahulu. Terasi bakar, air asam, gula merah, garam dan santan. Lalu di bubuhi daun jeruk purut satu lembar saja. Tidak lupa kacang yang telah di blender halus. Masak di atas api kecil. Bila sekiranya suka pedas, tinggal di tambah dengan cabai rawit.

Gado gado akan terasa lengkap bila di bubuhi dengan kecap dan di dampingi dengan kerupuk aci, kerupuk udang atau emping.

dokpri
dokpri

VIDEO PILIHAN