Mohon tunggu...
Ika Septi
Ika Septi Mohon Tunggu... Lainnya - Lainnya

Penyuka musik, buku, kuliner, dan film.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

2017, Tahun Sibuk The Rock

9 Februari 2017   14:47 Diperbarui: 9 Februari 2017   14:54 979
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Maui di film Moana. Ilustrasi : Shadow and Act

"Do you know who Maui is? Only the greatest demi-god of all the Pacific Islands, with his magical fish hook he slowed down the sun, pulled islands out of the sea, battled monsters! And I should know because I'm Maui."

Itulah beberapa baris kalimat yang keluar dari mulut Maui, manusia setengah dewa yang ada dalam kisah mitologi Polinesia yang baru-baru ini muncul di sebuah film animasi produksi Walt Disney, Moana. Maui memiliki sebuah mata kail ikan ajaib pemberian para dewa sebagai media perubahan fisiknya menjadi berbagai jenis hewan yang ia inginkan.

Dalam film ini, Maui digambarkan bertubuh besar dan cenderung ke gemuk, sedikit kocak, dapat memainkan dadanya ala atlet binaraga serta memiliki suara yang merdu ketika bernyanyi. Dalam dunia nyata, hal tersebut mungkin hanya di dapati dari diri Dwayne "The Rock" Johnson. Yap, tak salah lagi, Maui yang ini suaranya memang diisi oleh sang pegulat pro WWE (dulu WWF) yang telah terjun ke dunia film sejak tahun 2001.

Tak hanya di film animasi Moana saja, Johnson berperan sebagai demigod tapi juga di film yang berlatarkan cerita mitologi Romawi, Hercules. Dengan tubuh kekar dan otot yang bertonjolan seperti itu, tidaklah heran bila aktor kelahiran Hayward California 44 tahun silam itu di beri peran sebagai demigod atau pun seorang raja padang pasir berjuluk The Scorpion King yang dapat kita temui di film The Mummy Returns dan tentu saja di film The Scorpion King sendiri. Film Raja kalajengking yang menobatkan Johnson sebagai aktor dengan bayaran tertinggi di Hollywood pada tahun 2002 ini dibuat sekuelnya sampai empat bagian, namun ia tak mengambil perannya melainkan digantikan oleh Michael Copon dan Victor Webster. Yah, mungkin dia lelah.

Namun sekekar-kekarnya The Rock, di mata saya, nasibnya sama saja dengan Cuba Gooding Jr.  Seserius apa pun film mereka berdua, tetap saja ada gelitik kocak di hati saya bila melihat wajah ramah mereka. Seperti diketahui, sepanjang karirnya di dunia film layar lebar, sang atlet gulat yang pernah berival dengan pegulat kenamaan "Stone Cold" Steve Austin itu banyak mendapatkan peran di film-film serius dan komedi.

Johnson tidak hanya mengandalkan ototnya saja dalam film laga seperti yang kerap dilakukan oleh para mantan atlet yang menjadi aktor, namun juga dapat berakting dengan baik diantaranya sebagai seorang petugas panti rehabilitasi anak merangkap pelatih football bernama Sean Porter yang gigih di salah satu film drama olahraga, Gridiron Gang.  Peran yang sangat cocok mengingat Johnson adalah mantan atlet football yang pernah bermain untuk Universitas Miami dimana ia berkuliah dulu. 

Lalu menjadi seorang ayah di The Game Plan, Snitch, dan Journey 2 : The Misterious Island. Beraksi sebagai peri gigi dengan dandanan yang aduhai di The Tooth Fairy. Menjadi Boxer Santaros, orang yang bergelut dengan penyakit amnesianya di Southland Tales.  Menemani Mark Walhberg dalam film yang di adaptasi dari kisah nyata dan mungkin menjadi film terbaiknya hingga saat ini, Pain and Gain. 

Berperan sebagai seorang pemburu bayaran yang diberi tugas atasannya untuk membawa pulang putranya, Seann William Scott dari pedalaman hutan Amazon dalam film Rundown. Aktor multi talenta ini pun pernah menjadi bodyguard nya John Travolta di film Be Cool yang menggelitik. Ia pun pernah berperan sebagai mantan preman yang beralih profesi menjadi supir taxi di film sains fiksi, Race to The Witch Mountain.

Bersama Mark Wahlberg di Pain and Gain. Ilustrasi : E!online
Bersama Mark Wahlberg di Pain and Gain. Ilustrasi : E!online
Akan halnya San Andreas, menempatkan aktor berdarah Samoa yang telah menyabet 6 sabuk juara WWE itu sebagai pilot helikopter Tim SAR yang menyelamatkan korban gempa bumi dahsyat di San Fransisco Bay Arena yang diakibatkan oleh patahan San Andreas yang bergerak.  Di film ini pula sempat-sempatnya ia memecahkan rekor Guinness World Book of Records dalam rangka selfie 105 kali dalam waktu 3 menit.

Peran sebagai polisi, agen pemerintah atau detektif pun kerap dilakoni aktor yang pernah berhenti bergulat karena frustasi mendapati dirinya kurang direspon baik oleh para penonton WWE itu. Bermain bersama sesama teman bertubuh kekar Vin Diesel di empat film sekuel Fast and Furious, aktor yang pernah mengalahkan pegulat legendaris Hulk Hogan itu menjadi seorang agen pemerintah bernama Luke Hobbs yang bertugas melindungi Diesel dan seluruh "keluarga" nya.

Dalam The Other Guys, film drama komedi yang juga dibintangi oleh banyak aktor dan aktris terkenal seperti Mark Walhberg, Will Ferrel, Samuel L. Jackson, dan Eva Mendes itu menempatkan Johnson sebagai seorang petugas polisi yang di idolakan Walhberg.  Walaupun hanya muncul dalam beberapa scene saja, namun baik dirinya dan rekan tandemannya Samuel L. Jackson dapat memberi kekuatan pada film yang kembali melambungkan nama komedian Will Ferrel itu.

Akan halnya di film Empire State, Johnson di daulat menjadi seorang detektif NYPD bernama James Ransome yang menyelidiki kasus pencurian uang dari truk lapis baja yang melibatkan Liam Hemsworth, seorang petugas pengawal truk lapis baja tersebut.  Johnson pun pernah berperan sebagai agen CIA yang kocak bernama Bob Stone di film Central Intelligence yang rilis tahun lalu.  Di film ini ia dipasangkan dengan seorang stand up comedian, Kevin Hart.  Aktor yang memiliki dedikasi tinggi dalam dunia yang ia geluti sekarang ini pun kerap muncul di beberapa film sebagai dirinya sendiri, seperti dalam film remaja Hannah Montana dan You Again.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun