Mohon tunggu...
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi Mohon Tunggu... IT student in Darul Ulum University, Jombang

1 th Writter & Website Administrator at Okebis.com. || 2 th Manager Marketing at Al Azhar Arabic and English Academy. || 3 th Freelancer Website Developer, IT Education, & System Analyst at Himma Edukasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pengaruh Kelas Online terhadap Perkembangan Pendidikan Anak

13 Oktober 2020   10:30 Diperbarui: 13 Oktober 2020   10:43 517 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengaruh Kelas Online terhadap Perkembangan Pendidikan Anak
okezone.com

Kelas online telah menggantikan kelas tatap muka di masa pandemi sejak diumumkannya libur sekolah oleh pemerintah sebagai upaya mencegah penyebaran virus di lingkungan pelajar. Saat ini memang pandemi semakin mencekik perekonomian, kesehatan, hingga industri di Indonesia. Bukan hanya virus yang mematikan namun juga karena pendidikan yang terganggu akibat peralihan kelas tatap muka ke kelas jarak jauh. 

Meskipun saat ini terdapat banyak kelas online tambahan yang dibuka guna meberikan intensitas pembelajaran kepada anak, namun tidak banyak orang tua yang tau dan peduli terhadap tingkat pemahaman anak dalam mempelajari materi sekolahnya. Saat ini para pengajar telah berusaha untuk memberikan pembelajaran dengan metode belajar online dan mengalihkan semua pembelajaran ke digital.

Menjadi kewajiban orang tua untuk mendukung anak-anak mereka dalam pembelajaran. Hal inilah yang membuat anak merasa bersemangat belajar ketika mendapat dukungan dari orang tua mereka. Bimbingan dari orang tua dan peran serta dalam memilih kelas online profsional akan memiliki dampak yang snagat besar untuk tumbuh kembang  kemampuan belajar anak dan pemahaman anak dalam menguasai materi. 

Seperti yang diketahui bahwa saat ini terdapat  banyak anak yang kesulitas belajar karena materi dan metode yang serba online.  Untuk membiasakan diri dengan pembelajaran jarak jauh tentu diperlukan kesiapan yang cukup matang tentunya juga memerlukan waktu yang cukup lama.


Saat ini anak-anak lepas dari pemantauan pihak sekolah karena tidak datang ke sekolah. Sebagai gantinya maka orang tua wajib untuk memberikan pengarahan serta bimbingan kepada anak-anak mereka sebagai pelajar. Ketika lepas dari pemantauan oran tua, anak-anak cenderung lebih suka bermain dibandingkan belajar. Oleh sebab itulah perlu adanya penggerakan dan pengarahan dari orang tua. 

Selain pembelajaran online yang diberikan oleh pihak sekolah, perlu juga adanya kelas tambahan untuk mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Di masa pandemi memang sulit untuk mencari lembaga kursus di luar rumah. Akan tetapi di dunia yang serba digital ini terutama di masa pandemi diperlukan berbagai upaya untuk menambah pemahaman siswa seperti dengan mengikuti kelas tambahan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x