Mohon tunggu...
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi Mohon Tunggu... IT student in Darul Ulum University, Jombang

1 th Writter & Website Administrator at Okebis.com. || 2 th Manager Marketing at Al Azhar Arabic and English Academy. || 3 th Freelancer Website Developer, IT Education, & System Analyst at Himma Edukasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Menuju Pendidikan Digital di Masa Pandemi

21 September 2020   12:02 Diperbarui: 21 September 2020   12:05 184 2 0 Mohon Tunggu...

Pendidikan di Indonesia tengah berada di era online. Untuk menghadapi pandemi yang masih berkelanjutan diperlukan sistem pembelajaran yang memungkinkan peserta didik tetap belajar di kondisi pandemi covid-19 yang mengancam kesehatan banyak orang. Oleh karena itulah sistem pembelajaran online ini diberlakukan sebagai solusi terbaik yang bisa dilakukan saat ini. 

Edukasi online atau pendidikan digital ini memiliki kurikulum pembelajaran yang setara dengan kurikulum pendidikan sebelumnya hanya saja dengan beberapa perubahan metode untuk mendukung kelas online. Pendidikan digital ini memungkinkan peserta didik untuk melakukan pembelajara langsung dari rumah masing-masing dengan bantuan internet sebagai konektifitas.

Pemerintah telah melakukan berbagai tindakan yang mendukung e-learning Menuju Pendidikan Digital di Masa Pandemi. Adapun beberapa usaha pemerintah yang dilakukan antara lain dengan mengadakan paket internet murah, kelas online dengan forum diskusi, hingga pembuatan latihan soal online agar dapat dikerjakan darimana saja. 

Dengan dialihkannya pembelajaran ke sistem online maka akan membuat siswa merasa sediki bingung saat mulai membiasakan diri dari kelas tatap muka ke kelas online. Namun kelas online tambahan bisa menjadi pilihan disaat dirasa belum bisa memahami materi yang diajarkan. Kelas online tambahan akan membantu peserta didik dalam memahami materi ajar dengan cara pembahasan ulang dan pembelajaran materi tambahan agar dapat lebih memahami materi pembelajaran.


Terdapat beberapa macam kelas online. Diantaranya kelas pembahasan materi yang di ajarkan di kelas online sekolah, kelas tambahan yang memberikan materi baru dengan tujuan memberikan wawasan tambahan, kemudian terdapat juga kelas diskusi online yang berisi forum diskusi online dengan bimbingan pengajar profesional. 

Kelas online sudah banyak di temui, tinggal bagaimana peran orang tua dalam memilih kelas online tambahan yang bagus dan profesional. Seperti halya kelas online yang ada di kampung bahasa Pare, kawasan ini sudah terbukti telah mencetak banyakk lulusan yang berwawasan dan berkompeten. Tak heran jika kelas online dari kawasan edukasi ini menjadi hal yang sangat diminati banyak rang di nusantara.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x