Mohon tunggu...
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi Mohon Tunggu... IT student in Darul Ulum University, Jombang

1 th Writter & Website Administrator at Okebis.com. || 2 th Manager Marketing at Al Azhar Arabic and English Academy. || 3 th Freelancer Website Developer, IT Education, & System Analyst at Himma Edukasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Belajar di Kampung Inggris dengan Protokol Kesehatan

3 September 2020   10:18 Diperbarui: 3 September 2020   10:22 25 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar di Kampung Inggris dengan Protokol Kesehatan
dok.Al Azhar English

Kampung Inggris Pare telah kembali bangkit dari keterpurukan ekonomi masyarakat pasca pandemi covid-19. Selama enam bulan terakhir sejak penutupan sementara kampung inggris, memang banyak warga dan masyarakat sekitar yang mengeluhkan dampak ekonomi pandemi yang menimpa kampung inggris. 

Kebanyakan orang di kampung inggris menggantungkan sumber penghasilannya dari pekerjaan yang ada di kampung inggris seperti renal sepeda, lembaga kursus, caffe, hingga warung tongkrongan yang kerap menjadi tujuan para peserta kursus di kampung inggris. Namun rupanya sejak pandemi banyak tempat usaha yang terpaksa tutup karena tidak ada perputaran ekonomi di kampung inggris setelah para peserta kursus terpaksa di pulangkan ke rumah masing-masing.

Beberapa siswa yang bertahan di kampung inggris juga tak seberapa dan tidak boleh mengikuti kursus bahasa untuk sementara waktu sehingga para pemilik usaha di kampung inggris banyak yang terancam gulung tikar. Pasca pandemi ini mulai tangal 10 Agustus kemarin, kampung inggris sudah mulai menerima pendaftaran peserta didik baru dengan syarat pemeriksaan protokol kesehatan yang ketat. 

Memakai masker dan rajin cuci tangan sangat disarankan untuk menghindari penyebaran virus covid-19. Ada beberapa protokol lainnya seperti menyerahkan hasil rapid test di saat pendaftaran kelas offline on the spot. Untuk hal ini dilakukan sebelum datang ke kota Pare dengan mengajukan rapid test di rumah sakit terdekat dengan kota asal pendaftar.


Bagaimana situasi belajar di kampung inggris? Kampung inggris saat ini menjalankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus covid-19. Pembelajaran di batasi paling banyak 15 siswa dalam satu kelas. Jarak antar siswa juga di atur sedemikian rupa untuk memastikan jarak minimum terpenuhi dalam proses pembelajaran. Pemakaian masker juga diwajibkan di dalam maupun di luar kelas dengan ketentuan cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sebelum memasuki kelas. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x