Mohon tunggu...
Ika AdityaPratiwi
Ika AdityaPratiwi Mohon Tunggu... Dosen - Mencoba dan terus mencoba

Jangan pernh mengeluh

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sportorium UMY, Tempat Dimulainya Sebuah Mimpi

11 Maret 2022   18:58 Diperbarui: 11 Maret 2022   19:18 3210
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

2019 adalah Tahun pertama saya menginjakkan kaki di kota yang kental dengan budaya dan adat istiadatnya yakni Yogyakarta. Saya yakin di kota ini akan menjadi rumah kedua bagi saya untuk melanjutkan pendidikan beberapa tahun kedepan.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau lebih dikenal UMY adalah pilihan saya melanjutkan pendidikan. Saya yakin kampus ini akan membantu saya mengejar impian saya. Alasan saya memilih kampus ini adalah lingkungan dan fasilitas. Kedua hal tersebut tentunya akan berpengaruh bagi proses pembelajaran saya kedepan. Bicara tentang fasilitas, Ada satu fasilitas UMY yang membuat saya terkesan, yaitu Sportorium.


Sportorium adalah tempat digelarnya acara-acara besar seperti Masa taaruf (pengenalan mahasiswa baru) , Wisuda, Seminar, Kontes, maupun Pernikahan. Nama Sportorium diambil dari penggabungan bangunan Sport Hall dan Auditorium. Dengan bentuk yang unik, Sportorium menggambarkan filosofi empat aspek kehidupan, yaitu dinamis, kekeluargaan, monumental, dan indah. Hal ini dapat dilihat dengan bentuk atap Sportorium yang bergelombang atau asimetris, yang bermakna bahwa hal ini lantaran kehidupan manusia adalah sesuatu yang dinamis, sementara bentuk melengkung menggambarkan perasaan kekeluargaan yang penuh kelembutan. Selain itu juga , ukuran tiangnya yang tinggi dan kokoh menunjukkan sesuatu yang monumental.

Satu hal yang menarik adalah bentuk  matahari yang terbuat dari kaca kristal yang terdapat di bagian depan Sportorium dan kaca-kaca yang melapisi sportorium diharapkan akan selalu disinari cahaya matahari dari timur yang masuk melalui celah di pagi, siang hari, dan pada malam hari cahaya lampu yang ada di dalam gedung tersebut mampu memantul keluar gedung. Hal ini juga memiliki makna bahwa sinar tersebut diharapkan akan terpancar dari para pemimpin Muhammadiyah untuk mengambil keputusan terbaiknya yang nantinya akan dipancarkan kembali kepada umat Manusia.

Di samping menjadi bangunan yang indah tentunya sportorium juga menjadi bangunan yang 'berkesan' bagi mahasiswa-mahasiswanya. Hal yang membuat sportorium berkesan adalah sportorium merupakan tempat pertama Calon Mahasiswa bertemu dengan teman-teman dari sudut Indonesia maupun mancanegara pada saat masa taaruf berlangsung (Mataf). Bukan hanya itu, setelah melihat beberapa acara wisuda berlangsung di sportorium, saya yakin kakak-kakak yang telah diberi gelar sarjana juga merasakan hal yang sama. di sportorium mereka melepas semua rasa haru dan sedih setelah menelusuri jalan panjang selama berkuliah sekaligus tempat mereka mulai menggenggam mimpi-mimpi baru yang mereka ciptakan kedepan. Tak hanya itu, Sportorium juga menyimpan harapan-harapan besar para orangtua kepada anak-anaknya. Saya yakin ada mimpi-mimpi besar lainnya yang masih menghiasi sportorium UMY. Oleh karena itu,  Selamat Milad untuk Universitas Muhamadiyah Yogyakarta dan Terima kasih telah menjadi bagian dari mimpi-mimpi kami.

Salam Muda Mendunia!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun