Mohon tunggu...
IIN EVASUYANTI
IIN EVASUYANTI Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya seorang guru yang ingin mengunggah artikel

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Huruf Vokal Menggunakan Media Kartu Huruf pada Kelompok A TKS Dharma Wanita Bulay, Galis, Pamekasan

1 Maret 2024   21:13 Diperbarui: 1 Maret 2024   21:17 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Berbaris di depan kelas (dokpri)

1. PENDAHULUAN

  • LATAR BELAKANG

Sebagai Upaya untuk meningkatkan kemampauan dalam proses pembelajaran serta meningkatkan kemampuan anak, maka saya sebagai guru harus dapat memberikan inovasi dalam melakukan proses pembelajaran mengikuti perkembangan zaman, dengan penelitian best practice, guru yang inovatif mampu menggunakan model pembelajaran yang tidak membosankan dan bisa menciptakan hal- hal baru dalam proses belajar mengajar. Guru dituntut untuk mampu meningkatkan mutu pembelajaran melalui inovasi pembelajaran, seperti menggunakan media atau alat peraga yang bersumber dari alam, menggunakan teknologi IT, belajar di luar kelas sehingga anak lebih senang dan semangat dalam belajar. Melalui penerapan model pembelajaran inovatif ataupun penggunaan alat- alat peraga yang bervariasi, suasana belajar akan lebih bersifat student- centered.

  • TUJUAN 

Sebagai pengalaman praktik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran antara lain

  • Bagi anak, meningkatkan motivasi dan hasil belajar melalui media pembelajaran
  • Bagi guru, sebagai referensi tambahan dalam memanfaatkan media pembelajaran
  • Bagi sekolah, sebagai tambahan referensi media pembelajaran
  • RUANG LINGKUP

Menyusun Best Practice (praktek baik) dengan menggunakan metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi,Refleksi Hasil dan Dampak) terkait permasalahan anak kelompok A yang belum mengenal huruf vokal (a,i,u,e,o) di TKS Dharma Wanita Bulay

  • PEMBAHASAN

Lokasi                                :  

TKS DHARMA WANITA BULAY

         Lingkup Pendidikan          :

PAUD TK

         Identifikasi masalah          :

Rendahnya kemampuan anak dalam mengenal huruf vokal (a,i,u,e,o)


        Tujuan yang ingin dicapai :

Tujuan yang hendak dicapai dalam praktik pembelajaran ini adalah:

Meningkatkan kemampuan anak kelompok A di TKS Dharma Wanita Bulay dalam mengenal huruf vokal (a,i,u,e,o) menggunakan media kartu huruf

Penulis                                        :

IIN EVA SUYANTI, S.Pd

Tanggal                                       :

01 DESEMBER 2022

Situasi                                        :

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab

anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah kurangnya kemampuan anak dalam mengenal huruf vokal (a,i,u,e,o) hal ini terjadi karena:

  • Media pembelajaran yang digunakan guru dalam mengenal huruf vokal (a,i,u,e,o) kurang bervariasi

Penyebab lain juga kurangnya pemanfaatan media ajar dan model pembelajaran inovatif yang diimplementasikan guru dikelas. Sebagai seorang guru saya merasa hal ini menjadi sebuah masalah dan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf vokal (a,i,u,e,o) saya merasa praktik ini perlu dilakukan karena hal ini menjadi tanggung jawab saya sebagai seorang guru Taman kanak -- kanak. Agar tercapai tujuan pembelajaran, tentunya saya berusaha untuk mencari solusi yang relevan dengan alternatif solusi yaitu

Meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf vokal (a,i,u,e,o) melalui penggunaan media kartu huruf.

Dari latar belakang tersebut mendorong saya untuk bisa membuat sebuah variasi kegiatan main yang menarik dan membuat suasana kelas dan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Mengapa Best Practice (praktik baik) ini penting dibagikan? 

  • Dengan menerapkan model dan metode pembelajaran yang bervariasi, anak lebih antusias   dalam mengikuti proses pembelajaran.
  • Media dan alat/bahan pembelajaran lebih inovatif dan tidak monoton sehingga menarik perhatian anak agar tidak membosankan
  • Tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan

 

Apa yang menjadi peran dan tanggungjawab anda dalam praktik ini?

  • Saya sebagai seorang guru berupaya maksimal agar semua aspek perkembangan anak dapat berkembang dengan baik
  • Berdiskusi dengan kepala sekolah dan teman sejawat, mengenai modul ajar yang dibuat agar lebih baik Membuat media yang menarik

Tantangan                                 :

Apa saja yang menjadi

tantangan untuk mencapai

tujuan tersebut? Siapa saja

yang terlibat

Adapun tantangan yang terjadi diantaranya:

  • Kurangnya minat anak dalam mengenal huruf vokal dikarenakan penggunaan media yang kurang menarik.
  • Sarana dan prasarana yang kurang memadai
  • Kurangnya pemanfaatan media, model dan metode yang digunakan oleh guru.

Siapa saja yang terlibat ?

Kepala sekolah sebagai penanggung jawab yang memberikan perizinan, dukungan dan motivasi dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Guru- guru di lembaga yang memberikan sumbangan tenaga,ide,serta berbagi pengalaman mengajar sehingga kegiatan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.

Peserta didik sebagai sentral dalam proses pembelajaran.

Wali murid sebagai pendukung yang telah memberika ijin pada anak- anak untuk terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran.

 Aksi                                           :

Langkah-langkah apa   

Yang dilakukan    

Untuk menghadapi

tantangan tersebut/ strategi

apa yang digunakan/

bagaimana prosesnya, siapa

saja yang terlibat / Apa

saja sumber daya atau

materi yang diperlukan

untuk melaksanakan strategi ini

Langkah -- langkah yang saya lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut sebagai berikut:

  • Saya akan berusaha untuk menggunakan media Kartu huruf yang dapat memunculkan rasa ingin   tahu anak dan menarik bagi anak.
  • Saya akan berusaha menciptakan suasana belajar yang aman, nyaman, rapi dan indah bagi anak dengan menata ruang kelas.
  • Saya juga akan berusaha memanfaatkan media model, dan metode  pembelajaran dengan lebih   baik dan efektif.
  • Saya juga akan memperbaiki diri untuk lebih banyak belajar dari pelatihan -pelatihan dan juga dari goegle dan juga youtube

Strategi yang digunakan untuk menghadapi tantangan antara lain:

  • Guru menggunakan kurikulum Merdeka belajar
  • Guru menggunakan model pembelajaran PBL (project Bassed Learning)
  • Menggunakan LKPD untuk kegiatan anak
  • pemanfaatan TPACK melalui video pembelajaran dengan menggunakan LCD/proyektor dan laptop
  • Melakukan penilaian dengan penilaian harian ceklis penilaian hasil karya dan foto berseri dan anekdot


Bagaimana prosesnya?

Jurnal pagi

  • SOP kegiatan awal (penyambutan anak)
  • Anak dan guru Melaksanakan kegiatan berbaris di depan kelas
  • Kegiatan Pembuka
  • Mengucapkan salam dan Menanyakan kabar
  • Membaca doa sebelum belajar
  • Mengecek kehadiran peserta didik (absen)
  • Tanya jawab tentang hari dan tanggal
  • Memperkenalkan tema Binatang sub tema Binatang Air, dan sub -- sub tema ikan
  • Berdiskusi mengenalkan rangkaian kegiatan belajar yang akan diberikan kepada anak dan aturan yang digunakan saat kegiatan main.

Kegiatan Inti

  • Guru memperkenalkan ikan secara langsung kepada anak.dan mengamati video tentang macam-macam ikan.
  • Dengan bimbingan guru anak membahas tentang macam-macam ikan pada video,lalu guru mengaitkan kegiatan ini dengan pemilihan topik yang sesuai yaitu Topik binatang, sub topik Binatang air dan sub -- sub topik ikan.
  • Guru dapat memberikan beberapa pertanyaan pemantik untuk menstimulus ketertarikan anak untuk mengenal macam-macam ikan.
  • Pertanyaan pemantik: apa yang anak- anak ketahui tentang ikan?
  • Kegiatan 1
  • Anak mewarnai gambar huruf vokal (a,i,u,e,o)
  • Kegiatan 2
  • Anak Menyusun huruf menjadi kata ikan
  • Kegiatan 3
  • Anak melingkari huruf vokal pada kata ikan
  • Istirahat
  • Cuci tangan
  • Doa mau makan
  • Makan bekal
  • doa sesudah makan
  • Kegiatan penutup
  • Anak merefleksi diri tentang perasaan selama melakukan kegiatan
  • Anak Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
  • Anak mendengarkan informasi tentang kegiatan untuk besok hari
  • Anak berdoa setelah melaksanakan kegiatan
  • Berbaris , Pulang

Sumber daya/materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi:

Kemampuan guru dalam mengoperasikan alat-alat seperti laptop, dan LCD

Mendapatkan dukungan dari Kepala Sekolah

Membutuhkan Kerjasama antara anak dan teman sejawat yang membantu saat pengambilan video

Refleksi Hasil dan dampak     :

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan

strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

Hasil dan dampak dari kegiatan pembelajaran

Dari penerapan media pembelajaran yang digunakan terlihat anak lebih bersemangat, antusias dan seru dalam kegiatan belajar dan membuat anak menjadi suka dan senang dengan kegiatan yang dibuat, karena pada saat kegiatan pembelajaran anak dapat saling bekerjasama dengan membantu sesama teman dalam menyelesaikan tugasnya dengan baik dan anak lebih tertarik dalam setiap kegiatan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

 

Respon dari orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan adalah baik, karena mereka melihat anak-anak sangat senang, antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang saya lakukan di kelas.

Refleksi kegiatan pembelajaran

  • Pada kegiatan pembelajaran yang pertama, ada beberapa   anak masih belum dapat mengenal huruf vokal (a,i,u,e,o) dan ada sebagian anak masih bingung menyusun huruf menjadi kata ikan.
  • Pada kegiatan pembelajaran yang kedua, dengan pemberian motivasi, penguatan materi, anak sudah dapat mengenal huruf vokal (a,i,u,e,o) dengan tepat dan anak dapat melingkari huruf vokal pada kata ikan.

Faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam proses kegiatan pembelajaran yaitu :

  • Penyusunan modul ajar yang matang dan terencana dengan baik
  • Media pembelajaran kartu huruf yang digunakan sangat menarik bagi anak sehingga memunculkan anak suka dan senang dalam melakukan kegiatan.
  • Menggunakan proyektor dalam menampilkan video sehingga tampilan layar menjadi besar dan anak-anak fokus dalam mengamati video yang disampaikan

Dari keseluruhan proses kegiatan ini dapat diambil pembelajaran bagi saya yaitu dengan menggunakan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf vokal.

  • Dari anak: Anak merasa senang, bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.
  • Dari guru: Secara keseluruhan aktivitas pembelajaran yang dibuat sudah mampu menarik minat anak dan memunculkan rasa ingin tahu anak dalam belajar.

KESIMPULAN

Best practice dibutuhkan bagi guru sebagai pengalaman yang terstuktur dan kontekstual yang memotivasi diri kita sendiri untuk menyusun strategi dan berbagi pengalaman dalam pembelajaran yang kita lakukan. Guru semakain memahami kondisi peserta didik dan dapat mengelola kelas dengan baik. Guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam memilih model dan media pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan. Hal tersebut dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

DOKUMENTASI FOTO KEGIATAN

Mewarnai huruf vokal (a,i,u,e,o) (dokpri)
Mewarnai huruf vokal (a,i,u,e,o) (dokpri)
Menyusun huruf menjadi kata ikan (dokpri)
Menyusun huruf menjadi kata ikan (dokpri)
Melingkari huruf vokal pada kata ikan (dokpri)
Melingkari huruf vokal pada kata ikan (dokpri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun