A. Pengertian Saluran Pemasaran
 Saluran pemasaran merupakan kegiatan yang dibutuhkan untuk mengalihkan kepemilikan, kepemilikan berupa barang dari titik produksi ke titik konsumsi. Dengan cara ini produk sampai kepengguna akhir atau konsumen dan juga dikenal sebagai saluran distribusi, tentu saja hal ini sangat berguna sebagai alat untuk manajemen dan sangat penting untuk menciptakan strategi pemasaran yang terencana dengan baik. Pada perekonomian sekarang ini, sebagian besar produsen tidak langsung menjual barangnya ke konsumen.Perusahaan biasanya bekerja sama dengan perantara untuk membawa produk mereka ke pasar, Perantara pemasaran Membentuk suatu saluran distribusi.Perusahaan perlu menerapkan saluran distribusi yang baik dan benar supaya produk perusahaan bisa sampai ke tangan konsumen dengan tepat sasaran. Perusahaan membutuhkan pengetahuan yang mendalam mengenai saluran distribusi untuk dapat dengan sukses membawa produknya ke pasar.Â
 Menurut Tjiptono (2014:295), saluran distribusi merupakan serangkaian partisipan organisasional yang melakukan semua fungsi yang dbutuhkan untuk menyampaikan produk/jasa dari penjual ke pembeli akhir.Saluran distribusi atau saluran pemasaran adalah sebuah strktur bisnis yang terdiri atas organisasi-organisasi yang saling berkitan dimulai dari tempat asal mula produk dibuat sampai penjual terakhir dengan maksud memindahkan produk serta kepemilikan ke pemakaian terakhir, yaitu konsumen pribadi atau pengguna bisnis (Bowersox dan Cooper, 1992:158).
B. Jenis Saluran Pemasaran
 Jenis saluran distribusi menurut Kotler dan Keller (2007:129), jumlah tingkat saluran distribusi dibagi dlam empat jalur yang dapat dipakai produsen dalam menyalurakan produknya, yaitu :
1. Saluran Tingkat-Nol
 Saluran tingkat ini disebut juga saluran pemasaran langsung, yaitu terdiri atas produsen yang langsung menjual produknya kepada konsumen akhir.
2. Saluran Tingkat Pertama
 Saluran tingkat pertama merupakan saluran pemasaran yang terdiri dari dua pelaku bisnis, yaitu produsen dan pengecer. Pengecer merupakan salah satu pelaku bisnis perantara yang ada diantara produsen dan konsumen akhir.
3. Saluran Tingkat Kedua
 Saluran tingkat kedua merupakan saluran pemasaran yang memiliki dua pelaku bisnis perantara antara produsen dan konsuemen.Pelaku bisnis pertama biasanya disebut sebagai distributor utama, pedagang bear, agen, atau grosir.- Sementara pelaku bisnis perantara kedua biasanya adalah para pengecer seperti took, warung, supermarket, dan sebagainya.Â