A. Kepuasan Pelanggan (konsumen)Â
 Secara umum kepuasan pelanggan ( adalah perasaan senang atau kecewa yang didapatkan seseorang dari membandingkan antara kinerja (hasil) produk/jasa yang dipersepsikan dengan nilai ekspektasinya. Apabila kinerja lebih rendah dibandingkan harapan,maka konsumen akan merasa tidak puas, bila kinerja sama dengan harapannya makan konsumen akan puas dan jika kinerja melampaui harapan maka konsumen akan merasa sangat puas atau bahagia.
2. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Jasa Pendidikan
A. Kualitas Layanan
 Kualitas adalah sesuatu yang bagus,cantic da bernilai yang harus ditetapkan berdasarkan evaluasi yang ditentukan oleh para ahli yang terkait.Jadi, dalam menilai derajat ualitas suatu barang harus didasarkan atas standar yang ditetapkan oleh para ahli.Lebih lanjut,ada 9 (sembilan) asumsi yang merupakan pusat dalam pengembangan kualitas bidang pendidikan,yaitu:Â
1. Semua peserta didik dapat belajar dan berhasil.
2. Peringkat harus diperhatikan.Â
3. Keunggulan harus diwujudkan dalam tindakan.Â
4. Sistem pendidikan saling tergantung.
5. Memperhatikan pelanggan internal dan eksternal.