Mohon tunggu...
Ihda Ainaya
Ihda Ainaya Mohon Tunggu... Freelancer - Apapun, kalau ada rasa pasti tercipta sebuah karya

Saya suka mengetahui banyak hal, terutama di media sosial.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Punya Bisnis, Promosiin Aja di Tiktok!

20 Juni 2021   07:00 Diperbarui: 20 Juni 2021   07:20 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Ketertarikan saya pada media sosial termasuk Tiktok sudah saya minati sejak tahun 2018 lalu. Tidak ada video diunggah, hanya mengamati bagaimana perkembangan disana. Cukup terkesima setelah saya mereset, karena adanya perkembangan yang signifikan dalam tiktok sehingga pada tugas akhir saya memilih judul serupa. Termasuknya kondisi fenomena covid 19 ini juga menggeser beberapa aplikasi dan merujuk pada aplikasi yang dulunya pernah di blokir oleh KOMINFO menjadi mulai dikenal khalayak. Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Tiktok. Menarik pada waktu itu, karena saya melihat ternyata tidak hanya faktor konten hiburan saja yang dapat viral, melainkan bentuk promosi juga. Semakin kesini semakin banyak orang orang menggunakan Tiktok untuk promosi produk mereka, sehingga ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi untuk menjalankan sebuah strategi komunikasi pemasaran pada Tiktok.

  1. Konten

Dalam istilah pemasaran ketika kita sudah menentukan target jelas dan tepat akan mudah untuk melancarkannya pada bentuk promosi. Misal dalam konteks ini promosi untuk memasarkan produk masker wajah, otomatis segmentasi pasar berada di kisaran anak remaja hingga dewasa. Konten dapat dikaitkan dengan hal tersebut bisa dengan berakting ataupun menampilkan manfaat dari masker tersebut. pembuatan konten disini juga diharapkan untuk selalu konsisten setiap videonya ya.

  1. Giveaway

Salah satu bentuk promosi paling ampuh adalah giveaway. Dikarenakan target pasarnya anak muda yang mana suka dengan pemberian maka tidak jarang bisnis yang baru dibuka mengadakan beberapa giveaway dengan catatan dapat mengikuti akun tersebut. Ibaratkan simbiosis mutualisme, mereka mendapatkan keuntungan, user mendapatkan engagement dari pengikut dan pengikut juga sebaliknya.

  1. Trand

Ikutilah perkembangan trend yang ada, ini adalah kunci bagi konten creator ataupun pengguna bisnis untuk mempromosikan produk. Trend ini dapat berupa audio, video, challenge, ataupun bentuk filter. Trend ini selalu berkembang sehingga memungkinkan jika berada di posisi trading maka akan mudah masuk ke beranda atau fyp. Jika salah satu vidio kalian mengikuti challenge yang sedang trend, kemungkinan akan masuk fyp

  1. Hastag

Penting disegala media sosial entah instagram ataupun tiktok yang memerlukan hastag untuk dapat memperkenalkan lebih luas produk mereka. Hastag ini dapat berupa hastag tentang produk misal #maskerlucu atau #maskercewek dan lain lain serta diiringi dengan hastag #fyp agar memungkinkan video masuk beranda

Disamping keempat di atas, bentuk promosi melalui member e commerce juga banyak dikunjungi salah satunya Shoppe Affiliate yang menyajikan beberapa promosi produk untuk mendapatkan komisi pada usernya. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun